Ini 5 Cara Efektif Atasi Nyeri Punggung selama Menstruasi

Febi Anindya Kirana12 Apr 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 12 Apr 2020, 10:15 WIB
nyeri punggung bawah

ringkasan

  • Minum air putih yang cukup
  • Kompres air hangat
  • Mandi air hangat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan mungkin pernah mengalami nyeri punggung selama menstruasi. Hal ini sepertinya sudah sangat umum dialami meski tentu saja tak akan pernah bisa diterima oleh perempuan mana pun. Agar tak perlu mengalaminya, ada sekian hal yang bisa dilakukan.

1. Minum air putih yang cukup

Ketika tubuh dehidrasi, otot mudah tegang dan kram. Ketika menstruasi, hormon yang tidak seimbang akan semakin memicu munculnya nyeri kram otot, terutama di area punggung. Jadi banyak minum air putih, bisa juga minum air hangat.

2. Kompres air hangat

Jika sangat nyeri dan kebetulan harus istirahat di rumah, ada baiknya tidak langsung minum obat pereda nyeri. Ambil air hangat dan handuk, kompres punggung dengan handuk hangat hingga terasa tidak nyeri atau nyeri mereda.

3. Mandi air hangat

Cara Mengobati Sakit Punggung
Cara Mengobati Sakit Punggung / Sumber: Brightside

Mandi air hangat atau berendam air hangat juga dipercaya mampu membuat otot yang kaku dan kram karena menstruasi rileks. Ketika tubuh rileks, aliran darah juga bisa lebih lancar sehingga menghilangkan nyeri.

4. Olahraga

Mungkin banyak yang berpikir, punggung sakit malah disuruh olahraga. Faktanya, kurang olahraga lah yang seringkali jadi penyebab timbulnya nyeri punggung. Karena kurang gerak, otot jadi kaku dan mudah kram. Jadi sebelum dan selama menstruasi, pastikan banyak melakukan peregangan tubuh dan olahraga. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal National Institute of Health juga telah membuktikan bahwa yoga mampu mengatasi nyeri punggung selama menstruasi.

5. Berhenti merokok

Bagi perempuan yang merokok, sebaiknya segera berhenti merokok karena kandungan rokok bisa memperparah nyeri punggung, selain juga menghindari penyakit lain karena racun rokok.

Jadi, ketika nyeri punggung muncul selama menstruasi, lakukan sekian cara di atas untuk mengatasinya ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela