Sukses

Lifestyle

5 Tips Penuhi Nutrisi selama Puasa bagi Ibu Menyusui

ringkasan

  • Minum Banyak Air Putih di Sela Waktu Buka Puasa dan Sahur
  • Lengkapi Menu Sahur dengan Smoothie
  • Hindari Makanan Berminyak saat Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Ibu menyusui bisa berpuasa selama kondisi tubuh sehat dan tidak ada gangguan kesehatan. Ada baiknya untuk berkonsultasi juga ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuh sudah cukup baik dan mampu untuk berpuasa. Bila berpuasa, ibu menyusui tetap perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan optimal.

Melansir nutritionbynazima.com, ada lima tips memenuhi nutrisi selama puasa bagi ibu menyusui. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

1. Minum Banyak Air Putih di Sela Waktu Buka Puasa dan Sahur

Saat sahur dan berbuka puasa, minumlah setidaknya 2-3 gelas air putih. Lalu di sela-sela waktu tersebut, seperti ketika selesai salat tarawih atau akan tidur, minum air putih hangat. Hindari minuman bergula atau berpemanis tinggi.

2. Lengkapi Menu Sahur dengan Smoothie

Bagi yang kesulitan mencukupi kebutuhan kalori saat sahur, cobalah untuk melengkapi menu sahur dengan smoothie. Sebagai contoh, menu sahur kita adalah 2 omelet telur bayam dan 2 lembar roti gandum. Maka tambahkan 1 mangkuk smoothie seperti smoothie pisang dan kurma untuk melengkapinya.

3. Hindari Makanan Berminyak saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, usahakan untuk makan dalam porsi cukup. Tidak perlu berlebihan. Khususnya lagi hindari mengonsumsi makanan berminyak berlebihan. Cukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan berprotein, banyak sayur, dan karbohidrat dari biji-bijian utuh.

4. Makan Kudapan Bernutrisi setelah Berbuka Puasa

Dua atau tiga jam setelah berbuka puasa, cobalah untuk makan kudapan. Makan kudapan sehat bisa memberi nutrisi dan kalori tambahan untuk tubuh agar kuat jalani puasa keesokan harinya. Pilih kudapan dengan rasio karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang.

5. Mengonsumsi Suplemen Prenatal

Ibu menyusui juga bisa mengonsumsi suplemen prenatal. Suplemen prenatal dapat memberi asupan nutrisi yang cukup selama berpuasa. Tentu saja ada baiknya konsultasikan hal ini ke dokter terlebih dahulu, ya.

Selama berpuasa, kita bisa tetap memberikan ASI secara teratur pada si kecil. Tujuannya agar ASI lancar dan bisa tetap mencukupi kebutuhan nutrisi yang cukup untuk buah hati tercinta.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading