Sukses

Lifestyle

Sedang Trending, Inilah 5 Manfaat Air Garam untuk Melezatkan Masakan dan Memelihara Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka, bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai bumbu pelengkap masakan, garam juga ternyata berkhasiat untuk kesehatan. Dalam bentuk cair, air garam memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh.

Garam adalah senyawa kimia yang terdapat secara alami dan umumnya larut dalam air. Garam terbentuk dari pencampuran reaksi asam dan basa. Dalam kehidupan sehari-hari garam banyak digunakan sebagai bumbu masakan untuk menciptakan rasa asin pada masakan.

Dengan rasa asin, air garam ternyata mampu mengobati atau meredakan berbagai masalah kesehatan tubuh. Merujuk pada istilah kedokteran, air garam atau larutan garam adalah ungkapan umum yang mengacu pada larutan atau campuran natrium klorida (NaCl), alias garam dengan air.

Kandungan air garam terbukti secara klinis dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Buat kamu yang sudah mulai penasaran dengan khasiat air garam, Fimela.com kali ini akan menyajikan tulisan seputar 5 manfaat air garam untuk melezatkan masakan dan memelihara kesehatan. Cek manfaatnya berikut ini.

 

Sebagai Obat Kumur Untuk Memelihara Kesehatan Mulut

Manfaat air garam untuk kesehatan yang pertama ialah dapat dijadikan sebagai obat kumur untuk memelihara kesehatan mulut. Kandungannya dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit yang ada di mulut. Sebagai contohnya, ketika kamu mengalami sariawan atau pendarahan di mulut karena lidah yang tergigit atau gusi berdarah.

Selain itu, ketika gigi anda tanggal pastinya akan terasa nyeri, air garam mampu meredakan rasa nyeri yang kamu rasakan. Bahkan, ia juga mampu menangkal infeksi yang mungkin terjadi di area gigi dan mulut.

Kamu bisa menjadikan air garam sebagai obat kumur dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, kemudian aduk hingga larut. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur setelah makan atau setelah mengalami pendarahan pada area gusi, gigi, dan mulut.

Sebagai Obat Kumur Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Manfaat air garam selanjutnya ialah dapat menjadi obat kumur untuk meredakan sakit tenggorokan. Sakit dibagian tenggorokan pastinya membuat kamu tidak nyaman, aktivitas seperti menelan makanan juga bisa terganggu. Hal ini disebabkan karena infeksi bakteri dan virus yang berada pada tenggorokan.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, kamu bisa memanfaatkan air garam dengan cara menjadikannya sebagai obat kumur. Campur 1 sendok teh garam meja dan satu gelas air hangat. Ketika sudah menjadi larutan, kumur-kumur dengan larutan tersebut secara rutin dan sakit pada tenggorokanmu akan memulih seperti biasa.

Membersihkan Kotoran Pada Telinga

Ketiga, manfaat air garam untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada pada telinga. Kotoran yang ada didalam telinga menumpuk setiap harinya dan dapat menyebabkan kerusakan gendang dan saluran telinga, bahkan dapat memengaruhi pendengaran.

Penumpukan kotoran telinga yang tidak dibersihkan akan menimbulkan masalah, biasanya dokter akan membersihkannya dengan menyemprotkan air atau larutan garam ke telinga secara hati-hati dan menggunakan alat khusus. Aliran air atau larutan garam yang disemprot dengan alat dan cara khusus ini akan mendorong kotoran telinga keluar.

Hasilnya, telinga pun akan bersih dari kotoran. Namun berhati-hati jangan lakukan cara ini sendiri tanpa pengawasan tenaga medis karena memerlukan alat khusus dan bisa berbahaya jika dilakukan secara sembarang.

 

Meningkatkan Tekstur Makanan

Selanjutnya, manfaat air garam juga berkhasiat untuk melezatkan masakan salah satunya dapat meningkatkan tekstur makanan. Selain menambah cita rasa, ternyata air garam juga mampu meingkatkan tekstur makanan.

Seperti contohnya adalah penambahan air garam pada daging yang akan dihidangkan menjadi steak. Larutan air garam akan mempertahankan kelembapan daging sehingga ketika daging tersebut diolah menjadi masakan, teksturnya akan lebih kenyal dan empuk.

Selain daging, kamu juga bisa mencobanya sewaktu membuat roti ragi yang akan memengaruhi tekstur pada saat proses fermentasi dan pembentukan gluten. Hasilnya tekstur roti yang kamu buat akan lebih padat tetapi tetap lembut.

Sebagai Pengawet Makanan

Terakhir, manfaat air garam yang berguna untuk kehidupanmu adalah dijadikan sebagai bahan pengawet makanan. Dahulu sebelum adanya kulkas, orang-orang sudah menggunakan air garam untuk mengawetkan makanan.

Larutan air garam dapat mengawatkan makanan karena kandungannya dapat mengurangi kelembapan sehingga mencegah perkembangbiakan mikroba yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Selain itu, air garam juga dapat diguanakan untuk mengawetkan sayuran seperti acar agar tahan lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading