Sukses

Lifestyle

7 Hikmah Puasa yang Bisa Lebih Menenangkan Hati dan Jiwa

ringkasan

  • Lebih Menghargai Sesama
  • Menanamkan Kejujuran
  • Mencegah Sifat Rakus terhadap Makanan

Fimela.com, Jakarta Menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh selama Ramadan bisa menghadirkan banyak kebaikan dalam hidup kita. Bahkan hikmah dari puasa pun bisa memperkaya jiwa kita. Ibadah puasa lebih dari sekadar menahan haus dan lapar. Ibadah puasa bisa memberi manfaat luar biasa pada kondisi rohani kita.

Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada tujuh hikmah puasa. Memahami hikmah-hikmah ini dapat membantu kita untuk lebih maksimal dalam menunaikan ibadah puasa selama Ramadan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Lebih Menghargai Sesama

Ibadah puasa menumbuhkan kesadaran bahwa kita semua sama-sama hamba Allah SWT sehingga akan timbul sifat untuk saling menghargai sesama, tidak merendahkan orang lain, dan tidak semena-mena.

2. Menanamkan Kejujuran

Ibadah puasa jelas akan menguji kejujuran kita. Betapa pun lapar dan haus kita selama puasa, kita tidak akan makan dan minum sekalipun tak ada orang yang melihat kita. Dengan berpuasa, kita akan benar-benar dilatih untuk bisa jujur.

3. Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang

Rasa kasih sayang dan kedermawanan kita akan semakin kuat. Rasa lapar dan haus yang kita rasakan seringkali akan menggugah kesadaran kita untuk menyayangi anak-anak yatim dan fakir miskin sekaligus menyantuni mereka.

4. Menambah Kesabaran

Saat berpuasa, kita akan diuji untuk mengendalikan emosi. Orang yang berpuasa akan selalu berusaha untuk menahan amarah dan menghindari pertengkaran meski ia diperlakukan dengan kurang baik. Demi menjaga pahala dan kebaikan berpuasa, maka penting untuk menanamkan kesabaran dalam menghadapi cobaan.

5. Menjadi Lebih Pemaaf

Niatkan berpuasa untuk beribadah kepada-Nya. Maka, sifat pemaaf kita akan lebih baik dan bisa membantu kita untuk lebih baik dalam menjaga tali silaturahmi dan persahabatan.

6. Mencegah Sifat Rakus terhadap Makanan

Menahan diri untuk makan dan minum selama puasa, maka kita akan terlatih untuk bisa lebih menghargai makanan dan kebutuhan kita. Tidak berlebihan dalam makan dan minum. Ketika waktu berbuka tiba, kita bisa lebih menghargai setiap suapan makanan. Tidak lagi terlalu rakus karena kita akan menyadari bahwa sebenarnya yang kita butuhkan tidaklah terlalu banyak untuk bisa merasa cukup kenyang.

7. Menumbuhkan Rasa Syukur

Bisa minum segelas air putih segar setelah seharian berpuasa, ada kenikmatan luar biasa yang bisa kita dapatkan. Rasa syukur kita akan bertambah dalam rutinitas dan keseharian kita berpuasa. Saat kita berpuasa lalu mendengar suara azan Maghrib berkumandang, akan ada perasaan penuh syukur yang akan kita rasakan karena bisa menyelesaikan puasa pada hari itu.

Tetap semangat jalani rutinitas berpuasa selama bulan Ramadan, ya. Semoga dari setiap ibadah yang kita jalankan, ada kebaikan yang bisa kita dapatkan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading