Sukses

Lifestyle

Belajar Meditasi Jadi Kegiatan Baruku selama Bekerja dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah panedemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Melalui Lomba Share Your Stories: Berbagi Cerita tentang Pandemi Virus Corona ini Sahabat Fimela berbagai cerita dan harapannya di situasi ini. Langsung ikuti tulisannya di sini, ya.

***

Oleh: Fransiska Widiarti

Sebagai seorang introver, aku pernah bermimpi bisa bekerja dari rumah. Membayangkan menjadi seorang penulis. Ternyata perjalanan membawaku menjadi seorang guru PAUD lalu sekarang dipercaya menjadi kepala PAUD di tempatku bekerja selama 12 tahun ini.

Pandemi Covid 19 yang mulai terasa dampaknya di kotaku sejak pertengahan Maret lalu, membuatku ikut menjadi bagian pekerja yang work from home. Kegiatan harianku terutama memantau kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di sekolahku, melaporkan pada yayasan, berkoordinasi dengan pengurus yayasan terkait kebijakan-kebijakan dan rencana-rencana selanjutnya. Waktu bekerja yang biasanya banyak berinteraksi dengan anak-anak, sekarang berganti dengan menatap layar laptop maupun HP. Dan ternyata kegiatan ini pun tetap menyita waktu juga, tak berbeda jauh ketika di sekolah. Itu aku lakukan dari hari Senin hingga Sabtu.

Work from home membuatku mulai melakukan hal-hal yang belakangan ini sempat tertunda. Seperti membaca buku-buku di rumah yang belum tersentuh serta menyalurkan hobi menulis dengan bergabung di grup menulis puisi. Oya, ada kebiasaan baru yang mulai kusukai sekarang, yaitu belajar meditasi.

Belajar Meditasi

Ya, aku belajar mulai meditasi sendiri sebelum dan saat bangun tidur melalui video-video di YouTube. Aku juga tertarik menonton video di YouTube tentang pencerahan hidup. Ini sangat membantuku di saat-saat seperti ini. Aku jadi lebih banyak introspeksi dan mengenali diri sendiri, belajar untuk tenang, dan tidak panik dalam situasi ini. Ini mampu menjaga kondisi fisik dan psikisku. Berita-berita yang menyebar di media sosial, stres, dan ketegangan bisa memicu imunitas tubuh maupun psikis kita. Melalui meditasi dan banyak melihat video-video pencerahan yang positif membuatku bisa mengontrol kondisiku.

Pandemi Covid 19 ini membuatku merasakan rasanya bekerja dari rumah. Mungkin tidak seindah dengan yang aku bayangkan. Namun, aku belajar banyak di sini. Bekerja di mana saja, di rumah maupun di tempat lain, selama dilakukan dengan hati pasti baik adanya.

Semoga kondisi ini segera membaik. Aku sudah merindukan celoteh murid-muridku dan ingin segera bertemu mereka lagi.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading