Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Memar dengan Obat yang Alami

Fimela.com, Jakarta Sakit memar adalah hal yang sering terjadi. Apalagi kalau memiliki anak yang aktif bermain, kemudia tersandung dan jatuh saat asik bermain. Biasanya anak-anak suka bermain lari-larian, kemudian terpeleset dan terjatuh. Lalu mendapatkan memar.

Orang dewasa juga sering mendapati memar di kaki atau tangan. Beberapa memar yang kita dapatkan terkadang kecil dan tidak sakit, namun beberapa justru besar dan lama sembuhnya. Memar merupakan kondisi traumatis pada kulit, yang terjadi karena pembuluh darah di bawah kulit pecah, kemudian mengeluarkan darah ke jaringan.

Darah yang terkumpul akibat pembuluh darah pecah, mengumpul di daerah permukaan kulit, kemudian menghasilkan warna biru kehitaman. Ada beberapa jenis obat yang bisa menyembuhkan memar, kali ini Fimela akan membahas cara mengatasi memar dengan obat rumahan:

Cara Mengatasi Memar

1. Es Batu

Dari dulu es batu selalu dikenal sebagai obat alternatif penghilang memar. Karena mengompres dengan es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan, atau memar yang terjadi karena cidera. Es batu juga bisa digunakan untuk mengompres saat terkena gigitan serangga, mengurangi iritasi, dan mengurangi peradangan.

Es batu bisa diaplikasikan pada area memar selama 15 menit. Lalu menggerakan kompres pada area sekitar memar dengan gerakan memutar. Hal ini dilakukan agar pembuluh darah yang luka pada area memar tidak beku.

2. Kompres Hangat

Mengompres memar dengan air hangat juga bisa membantu mengatasi memar. Mengompres memar dengan air hangat, bisa mempercepat aliran darah ke area memar sehingga mempercepat proses penyembuhan. Mengompres memar dengan air hangat dapat dilakukan setelah peradangan terjadi.

Mengompres dengan cara ini bisa membantu menenangkan kulit, yang mengalami trauma atau kaget dan rasa sakit karena cidera. Pada bagian memar bisa dikompres menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat, tekan handuk ke area yang memar, dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Cara Mengatasi Memar

3. Minyak Esensial

Minyak esensial bisa membantu mengatasi luka akibat memar. Salah satunya adalah minyak lavender, yang bisa membantu mengatasi memar. Minyak lavender memiliki fungsi sebagai analgesik, yang membantu menyembuhkan peradangan, yang disebabkan karena memar. Minyak esensial bisa diteteskan pada bagian memar, kemudian pijat lembut ke bagian yang memar. Dan lakukanlan metode ini selama satu jam sekali.

4. Cuka

Cuka biasanya digunakan untuk masak, tapi ternyata cuka bisa membantu meredakan memar. Cuka yang dicampur air mampu meningkatkan aliran darah, dan bisa membantu proses penyembuhan memar, serta mencegah timbulkan bercah darah karena memar. Cuka bisa dicampurkan ke dalam air, lalu cuka bisa dioleskan pada bagian memar dan dipijat. Metode ini bisa dilakukan selama 2 kali dalam sehari dan diulangi hingga seminggu.

5. Garam Epsom

Garam epsom adalah senyawa mineral yang terurai menjadi magnesium sulfat dalam air. Garam epsom juga merupakan bahan yang biasa ada di rumah, dan bisa digunakan untuk menyembuhkan memar. Garam epsom bisa membantu mengendurkan jaringan otot, dan membantu mengurangi pembengkakan.

Karena garam epsom mudah diserap oleh tubuh. Garam epsom bisa dicampurkan dengan air panas. Lalu celupkan kapas ke dalam larutan garam epsom, dan oleskan garam epsom ke bagian kulit yang meradang.

Cara Menyembuhkan Memar

6. Pasta Gigi

Pasta gigi biasanya digunakan untuk membersihkan gigi, dan merupakan barang yang pasti ada di rumah. Pasta gigi juga bisa membantu menyembuhkan memar. Pasta gigi bisa membantu memecahkan gumpalan darah yang mengumpul, dan meningkatkan aliran darah ke area kulit memar.

Pasta gigi juga mampu membantu mengurangi pembengkakan pada memar. Memar bisa ditutup dengan perban, yang sudah diolesi pasta gigi sebelumnya. Kemudian biarkan perban semalaman.

7. Jahe Halus

Jahe merupakan bahan dapur yang memiliki banyak khasiat, baik untuk obat-obatan, dan juga bisa membantu menyembuhkan memar. Jahe bisa dihaluskan terlebih dahulu, kemudian tempelkan jahe pada luka memar dan tutup dengan perban. Lalu biarkan semalaman agar bisa membuat luka menjadi sembuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading