Sukses

Lifestyle

Makanan yang Dapat Mengurangi Stres Saat Ramadan

Fimela.com, Jakarta Menjalankan bulan Ramadan ditengah mewabahnya virus corona ini mungkin akan membuat kamu lebih mudah stres. Rasa kecemasan dan stress dapat mempengaruhi kesehatan kamu, apalagi disaat sedang berpuasa dapat membuat kamu lebih mudah dehidrasi dan menurunnya tingkat konsentrasi.

Kesehatan usus kamu berkaitan dengan kemampuan tubuh dalam mengelola stress. Keadaan usus yang kurang sehat dapat mendorong respons stres kronis. Namun ada makanan yang kaya akan probiotik dan akan membantu kamu membuat usus lebih sehat dan dapat menurunkan tingkat stres. Kamu dapat menjadikan makanan ini menjadi menu berbuka atau cemilan ringan disaat sahur dan malam hari setelah berbuka.

Melansir dari realsimple.com, berikut adalah beberapa makanan yang dapat mengurangi stres saat Ramadan dan dapat kamu masukkan ke dalam menu berbuka puasa ataupun sahur.

Makanan yang bisa kurangi stres sat puasa

- Buah dan Berry

Serat adalah penggerak besar bakteri baik di usus. Beberapa jenis berry seperti blueberry, strawberry, raspberry dan buah lainnya juga telah terbukti mengurangi kortisol, hormon stres yang dapat memengaruhi suasana hati kamu. Kandungan serat yang banyak dalam berry juga dapat menahan rasa lapar. Jadi sangat cocok menjadi cemilan saat sahur.

- Cokelat

Cokelat mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang telah terbukti meningkatkan fungsi dan suasana hati maupun otak. Kamu dapat mengonsumsi berbagai jenis cokelat seperti dark chocolate, whate chocolate ataupun milk chocalte. Tapi tetap untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

- Makanan Berbasis Tumbuhan

Mengonsumsi berbagai makanan nabati sangat baik untuk kondisi kesehatan kamu. Variasikan buah-buahan dan sayuran yang kamu makan karena masing-masing akan mengandung bakteri unik yang bermanfaat bagi tubuh.

Penulis: Zhafira Majdina

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading