Sukses

Lifestyle

Jilbab bukan Sekadar Penutup Kepala, Berikut Jenisnya yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Jilbab adalah sepotong kain yang dikenakan di kepala perempuan Muslim. Meskipun jilbab seolah-olah hanya selembar kain, namun jilbab memiliki peran penting dalam ajaran Islam. Jilbab berperan sebagai aturan agama yang mengatur perilaku. Jilbab juga merupakan bentuk  penyerahan. Ini melambangkan kesederhanaan dan harga diri seorang perempuan. Kata “Jilbab” berasal dari bahasa Arab yang berarti “penghalang.” Namun dalam Islam, jilbab memiliki arti lebih luas. Ini adalah prinsip martabat dan “Haya” dalam bahasa Arab yang berarti rasa malu. Jilbab adalah salah satu perintah Allah.

Jenis Jilbab

Banyak sekali jenis jilbab yang mugkin perlu kita ketahui. Dari banyaknya model dan jenis hijab, hampir semua perempuan Muslim dapat membuat model berpakaian mereka agar tetap menarik. Berikut ini beberapa jenis hijab yang paling sering digunakan di Timur Tengah atau Barat.

Hijab

Hijab adalah salah satu istilah umum yang digunakan untuk menyebut berbagai jilbab. Hijab ini datang dalam banyak gaya dan warna. Jenis yang paling umum di pakai adalah meliputi kepala dan leher.

Naqab

Naqab

Naqab merupakan jilbab untuk menutup seluruh bagian wajah dan hanya menyisakan celah sempit untuk mata. Naqab ini sering kita sebut dengan cadar. Cadar sendiri adalah berupa kain yang menutupi bagian hidung dan mulut. Selain itu seorang perempuan yang mengenakan naqab juga akan menutup bagian tangannya dengan menggunakan sarung tangan.

Burqa

Ini adalah jenis jilbab di mana seluruh tubuh seorang perempuan sepenuhnya tertutup tanpa meninggalkan area yang terlihat. Dengan jilbab ini seseorang dapat melihat melalui celah seperti mesh di bagian mata.

Ketika seorang perempuan Muslim senang dengan Tuhan (sebagai Tuhannya), Islam sebagai agama dan aturan hidupnya, dan Nabi Muhammad sebagai utuasan Allah, serta Al-Quran sebagai pedomannya, maka mereka akan membuat seorang perempuan Muslim merasa yakin dalam mengenakan jilbab dan mengikuti Islam dengan tepat.  Mengenakan jilbab adalah masalah kepercayaan dan kepatuhan disertai dengan cinta kepada Sang Pencipta.

Jangan menunda membuat keputusan untuk berhijab sampai Ramadan berikutnya, tahun baru atau bahkan Idul Fitri berikutnya. Ini semua adalah cara untuk melindungi diri kita sendiri. Namun, tetap mantapkan hati dengan niat tulus untuk memulai dari awal dan mulai mengenalkan jilbab kepada dirimu.

Jilbab adalah aspek penting dari Iman perempuan dan dikenakan di berbagai negara Muslim dan Non-Muslim di seluruh dunia. Sampai saat itu dalam sejarah, jilbab dikenal oleh agama-agama lain sebagai bentuk kebiasaan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading