Sukses

Lifestyle

8 Aktivitas yang Bisa Dilakukan saat Menjalankan Puasa dan Bekerja dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Wabah virus corona yang melanda seluruh dunia membuat kita harus melaksanakan ibadah puasa Ramadan bersamaan dengan isolasi diri dengan melakukan kerja dari rumah. Terdengarnya sangat mudah jika kita lakukan, namun ada beberapa hal yang mungkin membuat kita merasa bekerja dari rumah menjadi membosankan. Berikut ini tips menarik yang bisa dilakukan saat melakukanpuasa ramadan bersamaan dengan melakukan kerja dari rumah.

Bangun Pagi

Saat setelah sahur dan ibadah, mungkin akan membuat sebagian dari kita pergi tidur kembali. Ya, mungkin bisa dilakukan, namun ada baiknya untuk melakukan aktivitas lainnya seperti membereskan rumah sebentar dan melakukan olahraga ringan. Peregangan bisa kita lakukan saat pagi hari sembar menghirup udara segar. Setelah itu, pergilah mandi dan bersiap untuk melakukan kerja.

Buat Tempat Kerja yang Nyaman

Kerja dari rumah memungkinkanmu untuk mengerjakan pekerjaan di mana saja, misalnya di tempat tidur, sofa, atau di meja makan. Ada baiknya buatlah meja kerja sendiri untuk melakukan aktivitas pekerjaanmu. Ini membantumu lebih produktif dan memiliki suasana yang nyaman.

Mendengarkan Musik

Jenuh dengan pekerjaan yang kamu kerjakan di rumah, mendengarkan music bisa membantumu lebih sedikit rileks. Putar musik favoritmu, ini juga bisa membuatmu lebih bersemangat. Pilih lagu yang memiliki nada yang santai atau enerjik. Mendengarkan musik juga membantumu lebih cepat dalam mengerjakan pekerjaan.

Tentukan Batasan Jam Kerja

Bekerja dari rumah juga harus memperhatikan waktu yang kamu gunakan. Pilih waktu yang sesuai dengan jam kerja di kantor. Hal ini untuk menghindari dirimu menjadi overworking. Tentukan batasan kapan kamu mulai kerja dan kapan kamu harus selesai dari kerjaan tersebut.

Menyiapkan Menu Buka Puasa

Menentukan waktu bekerja dari rumah juga memberikan manfaat untukmu yaitu melakukan kegiatan lain selain mengerjakan pekerjaan. Setelah selesai bekerja, kamu bisa menyiapkan menu berbuka. Pilih makanan favoritmu dengan menggunakan resep praktis. Banyak resep praktis yang bisa kamu dapatkan dari internet. Menyiapkan menu berbuka juga bisa memnjadi hiburan ketika kamu stress dengan pekerjaan.

Persiapan Buka Puasa

Setelah selesai membuat menu buka puasa, sebaiknya segera persiapkan dirimu untuk berbuka. Sebaiknya mandi terlebih dahulu, gunakan pakaian yang nyaman. Jika sudah membersihkan diri, di sela waktu menunggu adzan kita bisa gunakan untuk membaca Al-Quran dan memaknainya.

Ibadah Shalat Tarawih

Kita bisa mengikuti anjuran pemerintah untuk melakasanakan shalat tarawih di rumah. Lakukan shalat tarawih bersama dengan anggota keluarga di rumah. Tentukan berapa rakaat yang hendak dilakukan. Pilih ruangan yang nyaman dan bersih untuk melakukan shalat Tarawih berjamaah, jika tidak ada anggota keluarga atau teman, taka da salahnya melakukannya sendiri.

Jangan Tidur Terlalu Larut Malam

Untuk mempersiapkan esok hari, lakukanlah istirahat dengan cepat. Ini akan membuatmu merasa bangun saat sahur lebih segar dan tidak merasa lelah. Jika tidak ada pekerjaan yang terlalu penting sebaiknya segerakan istirahat. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Nah, berikut tadi beberapa hal yang dapat kita lakukan saat menjalankan ibadah puasa saat kita melakukan kerja dari rumah. Kira-kira rutinitas Sahabat Fimela seperti apa selama puasa dan bekerja dari rumah?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading