Sukses

Lifestyle

6 Jenis Makanan yang Masih Boleh Dikonsumsi setelah Masa Kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Pembatasan aktivitas saat ini tentu membuatmu sulit keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari, terutama makanan. Ya, makanan menjadi masalah tersendiri di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini.

Sulitnya akses berpergian membuat kamu harus menyediakan berbagai bahan makanan untuk beberapa waktu ke depan, agar tidak keluar rumah. Namun, persediaan juga berarti kamu harus benar-benar masa kedaluwarsa dari semua makanan tersebut.

Dilansir dari huffpost.com, Selasa (5/5/2020), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang masih boleh dan aman menurut para ahli untuk dikonsumsi setelah masa kedaluwarsa. Penasaran apa saja?

1. Pasta kering

Masa kedaluwarsa pada pasta kering biasanya menunjukkan jaminan itikad baik perusahaan produsen, daripada masalah keamanan berbasis sains.

2. Produk kalengan

Produk kalengan dibuat dengan proses persiapan dan pengemasan yang difokuskan untuk membuatnya stabil dalam jangka waktu yang lama. Produk makanan kalengan yang masih dalam kondisi baik tanpa kebocoran masih aman untuk dikonsumsi setelah masa kedaluwarsa.

 

 

3. Bahan kue kering

Bahan-bahan untuk membuat kue kering, seperti tepung dan gula tidak menimbulkan masalah keamanan jika dikonsumsi melewati masa kedaluwarsa, kecuali baking powder atau baking soda yang akan kehilangan efektivitasnya setelah lewat masa kedaluwarsa. Namun, ingat untuk selalu memperhatikan visual dan bau dari bahan makanan tersebut.

4. Telur

Jika disimpan dengan baik, telur dapat bertahan hingga 3 minggu setelah masa kedaluwarsa. Namun, telur yang sudah dicuci biasanya hanya akan bertahan sekitar seminggu.

Telur biasanya dikemas 1 atau 2 hari setelah diternak dari ayam betina. Para pakar menyarankan untuk tidak mengonsumsi telur yang telah melewati 45 hari setelah masa pengemasan untuk tujuan kualitas.

5. Susu

Sama halnya dengan telur, jika disimpan dengan benar, susu dapat bertahan hingga 1 minggu setelah masa kedaluwarsa. Namun, para ahli tetap menyarankan untuk mematuhi masa kedaluwarsa yang tercantum di bungkus produk susu apapun.

6. Daging giling

Daging sapi segar cenderung memiliki masa simpan selama 14 hari dengan masa kedaluwarsa yang dinyatakan ssebagai tanggal dibekukan. Jika kamu bisa menyimpan daging ini dalam keadaan beku, maka makanan ini akan aman tanpa ada mikroba yang aktif.

Namun, ingatlah sebelum mencoba makanan apapun yang telah melewati masa kedaluwarsa, selalu lakukan uji visual dan penciuman. Dan batasi pembelian bahan makanan yang berlebihan untuk mengurangi limbah makanan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading