Sukses

Lifestyle

Ramadan di Rumah Saja, Belajar Cara Membuat Ketupat yang Lembut untuk Hari Lebaran

Fimela.com, Jakarta Memasuki pertengahan Ramadan, nuansa hari kemenangan sudah mulai terasa. Berbagai menu makanan khas Lebaran mulai dipersiapkan. Salah satu menu makanan yang biasanya selalu ada di Hari Lebaran adalah ketupat. Ketupat menjadi menu wajib di Hari Raya yang disantap bersama gulai.

Perayaan Hari Lebaran Idul Fitri tahun ini akan terasa berbeda karena harus berada di rumah saja, akibat pembatasan sosial yang diterapkan dalam menghadapi pandemi virus corona. Namun jangan khawatir kamu bisa membuat ketupat lebaran di rumah untuk sehingga suasa Lebaran tetap terasa.

Untuk membuat ketupat yang lembut dengan tekstur yang pas di lidah, kamu perlu memperhatikan beberapa langkah sukses membuatnya. Berikut trik membuat ketupat anti gagal yang dirangkum Fimela, Jumat (8/5/2020). Selamat mencoba sahabat Fimela!

1. Pemilihan daun kelapa

Langkah awal membuat ketupat yaitu memilih dauh kelapa. Ketupat terbuat dari daun kelapa yang dililit sedemikian rupa. Untuk daun kelapanya pilih yang tidak terlalu tua namun juga tidak terlalu muda. Biasanya berwarna kehijauan dan memberikan kesan segar. Daun kelapa yang baik akan menghasilkan ketupat yang lebih nikmat dengan aroma khas.

2. Takar isian beras dengan tepat

Agar ketupat tidak gagal dan berujung keras atau cair seperti bubur, kamu perlu menakar beras yang diisikan ke dalam ketupat dengan tepat. Caranya isi beras sepertiga bagian dari ketupat. Sehingga nanti hasilnya lembut sempurna. Isian beras yang tepat juga menghindari dari ketupat yang luber keluar dari cangkangnya saat direbus. Bentuk ketupatnya juga akan terlihat apik.

 

3. Rebus selama kurang lebih 3 jam

Merebus ketupat butuh waktu yang cukup lama. Waktu perebusan yang tepat juga membuat ketupat matang sempurna di semua bagian. Hal ini akan memudahkanmu ketika memotong ketupat, hasilnya akan lebih sempurna.

4. Siram ketupat dengan air

Setelah matang angkat ketupat dan siram dengan air. Lakukan penyiraman saat ketupat benar-benar dalam keadaan panas. Hal Ini berguna untuk membuat tekstur ketupat lebih lembut.

 

5. Gantung ketupat

Setelah disiram pada keadaan panas, langkah terakhir gantung ketupat. Ini adalah trik jitu untuk mengeringkannya. Sehingga ketupat buatanmu tidak berair dan kering sempurna. Ketupat kemudian dipotong-potong, siram dengan kuah gulai favoritmu seperti gulai nangka, tauco, hingga opor. Ketupat lebaran yang lembut siap disantap!

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading