Studi: Setengah Karyawan Menonton Konten Dewasa pada Perangkat Kerja selama WFH

Karla Farhana11 Mei 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 11 Mei 2020, 08:30 WIB
[FIMELA] WFH

Fimela.com, Jakarta Work from Home bagi sebagian orang menguntungkan. Pasalnya, bekerja di rumah membuat mereka lebih leluasa mengatur jadwal. Selain itu, mereka juga lebih nyaman karena dapat mengatur waktu untuk beristirahat dan fokus untuk bekerja. Namun, ternyata tidak semua orang nyaman dengan WFH. Pasalnya, penelitian yang dilakukan Kaspersky menunjukkan kalau ternyata banyak juga karyawan yang akhirnya justru mencampurkan kegiatan pribadi dan kantor, sembari menggunakan perangkat kerja. 

Potensi adanya garis kabur antara pekerjaan dan kegiatan pribadi memang sudah lama ada. Kaspersky melakukan sebuah penelitian yang menunjukkan hampir sepertiga (31%) karyawan mengatakan mereka menghabiskan lebih banyakwaktu untuk bekerja daripada sebelumnya. Namun, 46% mengatakan mereka menghabiskan jumlahwaktu lebih banyak untuk kegiatan pribadi. 

Laporan ini juga mengungkapkan kalau semakin sulit bagi karyawan untuk memisahkan kegiatan pekerjaan dan kehidupan pribadi, terutama pada saat menggunakan perangkat kantor. Ada temuan yang cukup mengkhawatirkan mengenai garis kabur ini. Data menunjukkan,  51% karyawan mengakui telah mulai menonton lebih banyak kontendewasa, pada perangkat yang mereka gunakan untuk pekerjaan, sejak bekerja dari rumah.

Sementara, hampir seperlima atau 18% karyawan melakukannya pada perangkat yang disediakan perusahaan. Di antara mereka, 33% mengaku menonton konten dewasa di perangkat pribadi mereka yang juga digunakanuntuk bekerja.

Bahaya Malware

[Fimela] WFH
WFH | pexels.com/@kaboompics

Meski kelihatannya ini merupakan hal sepele, namun menggabungkan kegiatan pribadi dengan pekerjaan, apa lagi menggunakan perangkat kantor, berisiko tinggi memunculkan malware. 

Hal ini akan timbul ketika seorang karayawan tidak memerhatikan sumber dan situs web yang dikunjungi. Untuk itu, Kaspersky menyarankanmu untuk melakukan 2 hal agar terhindar dari malware pada saat menggunakan perangkat bisnis atau milik perusahaan. 

  • Gunakan solusi keamanan andal seperti Kaspersky Security Cloud, untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman. 
  • Unduh konten edukasi dan hiburan dari sumber yang terpercaya. 

Selain itu, penelitian ini juga menemukan kalau banyak karyawan yang menggunakan layanan pribadi untuk melakukan sebuah pekerjaan terkait perusahaan atau bidang pekerjaannya. 

Misalnya, menggunakan akun email pribadi untuk hal-hal terkait pekerjaan. Juga menggunakan messanger pribadi yang belum disetujui departemen TI. Untuk itu, cobalah memisahkan kedua kegiatan tersebut meskipun kamu sedang menjalani WFH. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela