Sukses

Lifestyle

5 Starter Pack Menghadapi Kehidupan New Normal, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Setelah kurang lebih dua bulan masyarakat menjalani work from home untuk mencegah penyebaran virus corona. Kini, pemerintah Indonesia akan menjalankan new normal. Di mana sahabat Fimela akan kembali beraktivitas seperti biasa, seperti mall kembali dibuka atau ke kantor di tengah pandemi virus corona.

Namun, ketika new normal tetap diberlakukan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. Masyarakat harus tetap mengikuti aturan pemerintah seperti menjaga jarak dengan oranglain.

Nah, saat new normal berlangsung apasih yang harus kita persiapakan? Berikut starter pack new normal yang sahabat Fimela perhatikan.

1. Masker mulut

Virus Corona dapat menular melalui percikan dahak atau air liur saat penderita COVID-19 batuk atau bersin. Untuk mengurangi risiko penularan virus, orang yang sedang batuk atau bersin disarankan memakai masker guna menahan percikan cairan tubuh tersebut. Jika masker bedah atau N95 masih sulit didapatkan, sahabat Fimela bisa menggunakan masker kain sebagai gantinya.

Namun perlu diingat, cuci tangan sebelum menggunakan masker, setelah selesai digunakan lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.

2. Hand Sanitizer

Mencuci tangan dengan air dan sabun memang cara terbaik untuk mencegah virus corona. Akan tetapi, dengan kesibukan yang harus dijalani, waktu untuk mencuci tangan menjadi sebuah masalah.

Ketika berada di tempat umum atau transportasi umum, misalnya, akan sulit menemukan air dan sabun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Hand sanitizer hadir menjadi produk yang efektif dan efisien sebagai alternatif menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Jadi selalu simpan hands anitizer di tasmu ya sahabat Fimela, jangan sampai tertinggal.

3. Sarung tangan

Selain masker, banyak orang menggunakan sarung tangan untuk menghindari virus. Namun perlu diperhatikan cara menggunakan sarung tangan dengan benar. Sebab, menggunakan sarung tangan lateks sembarangan malah berpotensi terinfeksi virus Corona . Alasannya karena rasa aman menggunakan sarung tangan, padahal virus akan berpindah pada sarung tangan tersebut tanpa sadar kita jadi sering menyentuh wajah, masker, ponsel, dompet hingga pakaian.

Untuk itu, sebelum menggunakan sarung tangan pastikan sudah mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Pastikan juga sarung tangan dalam keadaan baik, tidak robek, kotor, dan berubah warna terutama pada sarung tangan lateks. Tarik sarung tangan sampai ke pergelangan.

Untuk membukanya, lepas sarung tangan dari dalam ke luar untuk menghindari kontaminasi virus di permukaan luarnya dengan hati-hati. Setelah itu, sarung tangan harus langsung dibuang jangan disimpan lagi.

4. Topi Face Shield

Face Shiled digunakan petugas kesehatan untuk melindungi diri dari virus corona saat menangani pasien Covid-19. Untuk itu, banyak masyarakat pun mulai menggunakan face shiled dengan model topi untuk keluar rumah.

Dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), penelitian yang dipimpin oleh Dr Eli Perencevich menuliskan agar face shield efektif dalam menekan penyebaran virus, maka harus dibuat sampai bawah dagu. Harus menutupi telinga dan tidak ada celah yang terbuka antara dahi dan pelindung wajah.

5. Helm

Bagi para pengguna ojek online, ada baiknya untuk membawa helm sendiri. Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, Igun Wicaksono mengungkapkan agar lebih aman, maka ada sejumlah aturan yang diberlakukan, salah satunya dengan membawa helm sendiri.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading