Sukses

Lifestyle

Membilas Toilet Tanpa Ditutup Juga dapat Menyebarkan Partikel Virus Corona?

Fimela.com, Jakarta Dalam sebuah makalah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Physics of Fluids, para ilmuwan mengatakan bahwa virus Corona mungkin dapat menyebar melalui udara di toilet. Simulasi yang dilakukan oleh para peneliti menunjukkan bahwa membilas toilet dapat mendorong virus Corona naik lebih dari 3 kaki.

Tetesan dapat menjadi aerosol di udara dan bertahan untuk beberapa waktu sebelum akhirnya mendarat di permukaan toilet. Bukti menunjukkan bahwa virus Corona masih bisa ditemukan pada tinja beberapa pasien yang telah dinyatakan sembuh, namun belum diketahui apakah virus tersebut masih dapat menginfeksi, seperti dilansir dari huffpost.com, Senin (22/6/2020).

Hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini adalah menghalangi jalur penularan yang biasanya terjadi di toilet untuk menekan penyebaran virus Corona. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah menutup toilet sebelum kamu membilasnya.

 

Benarkah membilas toilet juga dapat menyebarkan virus Corona?

Selain itu, kamu juga sebaiknya membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya, karena partikel virus bisa saja menempel di permukaannya. Dan tetap harus mencuci tangan dengan sabun dan air secara rutin.

Jangan khawatir, temuan ini didasarkan pada simulasi, belum ada bukti nyatanya, namun tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati. Jagalah kebersihan, mengenakan masker ketika harus keluar rumah, dan menjaga jarak dari orang lain adalah beberapa protokol kesehatan yang wajib kamu lakukan.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading