Sukses

Lifestyle

5 Efek Buruk Kebiasaan Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita mengundur waktu mandi hingga malam hari, padahal kebiasaan ini bukanlah hal yang baik bagi kesehatan tubuh. Mungkin kamu akan berpikir bahwa mandi di malam hari bisa membuat badanmu rileks dan tidur pun akan lebih nyenyak karena badan dalam keadaan bersih, namun kenyataanya kebiasaan mandi malam hari bisa mendatangkan sejumlah penyakit serius.

Ada beberapa situasi yang menyebabkan orang menjadi hobi pada malam hari. Mandi malam hari tidak apa dilakukan ketika situasinya memang menuntut demikian. Namun, hal ini tentu berbeda jika kamu memang sengaja untuk memilih mandi di malam hari.

Beberapa orang beralasan bahwa mereka suka mandi malam hari karena mandi di sore hari begitu sulit dan malas. Kemudian ada juga yang memilih mandi malam karena kekuatan sugesti bahwa tidur akan lebih nyaman ketika kamu mandi terlebih dahulu. Ada macam-macam alasan namun ada banyak juga penyakit yang akan mengintai tubuhmu.

Nah, kalau kamu penasaran mengapa kebiasaan mandi malam itu tidak baik untuk kesehatan tubuh, ulasan ini mungkin akan berguna untukmu. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 efek buruk kebiasaan mandi malam hari bagi kesehatan tubuh. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Bisa Menyebabkan Asam Urat

Efek buruk dari kebiasaan mandi malam hari yang pertama ialah dapat menyebabkan penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Perlu diketahui bahwa mandi malam akan membuat tubuh memproduksi zat purin dalam jumlah besar sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Alhasil kondisi ini menyebabkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

Menyebabkan Demam

Selanjutnya, efek buruk lainnya yang disebabkan oleh kebiasaan mandi malam hari ialah tubuhmu menjadi sangat potensial untuk terjangkit demam. Hal ini bisa terjadi karena mandi malam akan menyebabkan pori-pori tubuh dan panas tubuh mulai naik, situasi ini sebaiknya perlu kamu hindari. Mandi malam membuat tubuhmu tersiram air dingin dan akhirnya pori-pori tubuh pun terbuka.

Supaya lebih aman, ada baiknya kamu mandi malam dengan air hangat jika kondisinya memang kamu dituntut untuk mandi malam. Namun jangan sampai menjadi kebiasaan karena dampaknya bisa membuat badanmu demam.

Menyebabkan Penuaan Dini

Berikutnya, efek buruk kebiasaan mandi malam hari ini juga bisa berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Pasalnya hobi mandi di malam hari dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini terjadi karena sebenarnya tubuh tidak akan kuat menerima rangsangan air dingin ketika kita mandi di malam hari, ini akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

Jadi, jika kamu ingin awet mudah dan selalu sehat, sebaiknya hindari mandi pada malam hari. Tentunya penuaan dini bisa menjadi masalah yang serius tatkala umurmu masih muda tetapi wajahmu sudah menandakan penuaan dini.

Menyebabkan Rematik

Keempat, efek buruk yang satu ini nampaknya masih berhubungan dengan meningkatnya potensi asam urat. Kebiasaan mandi malam hari bisa menyebabkan tubuh mengalami penyakit rematik.

Rematik merupakan penyakit autoimun, penyakit yang akan terjadi pada peradangan sendi, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan sakit - sakit pada persendian. Penyebab rematik itu sendiri tidak begitu jelas, tetapi menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

Menyebabkan Paru-Paru Basah

Terakhir, efek buruk yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh akibat mandi pada malam hari ialah memicu timbulnya penyakit paru-paru basah yang berbahaya. Hal ini bisa terjadi karena saat mandi pada malam hari bisa menyebabkan tubuh terinfeksi oleh virus dan bakteri.

Adapun gejala-gejala yang muncul jika seseorang terkena penyakit paru-paru basah ialah akan mengalami batuk berdahak, kesulitan bernapas, atau sampai tubuh menggigil. Untuk itu, sebaiknya jauhi kebiasaan mandi malam hari karena bisa memancing penyakit berbahaya seperti paru-paru basah ini muncul.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading