Sukses

Lifestyle

Menuju Indonesia Cashless Society, Tingkat Pembayaran Digital Meningkat

Fimela.com, Jakarta Kaum milenial sudah lama menerapkan sistem transaksi tanpa menggunakan uang tunai alias cashless. Namun, seiring dengan memasuki era normal baru, ternyata bukan hanya kaum muda saja yang menerapkan sistem transaksi ini. 

Shopee Indonesia melihat adanya peningkatan pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online, khususnya di tengah pandemi Corona. Peningkatan ini sebenarnya sudah ada sejak awal pandemi, karena semakin banyak orang yang memilih metode transaksi menggunakan kartu kredit, transfer bank, dan juga ShopeePay. 

Shopee juga memperkirakaan, tren ini akan terus berlanjut. Laporan Boston Consulting Group juga mengatakan kalau wabah COVID-19 mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara untuk menerapkan pembayaran digital. 

"2020 telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat. Di antara perubahan ini, salah satunya dalam mewujudkan cashless society di Indonesia. Sejalan dengan upaya physical distancing, kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini. Demikian pula, Shopee terus menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan, termasuk ShopeePay, fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi yang terdapat di aplikasi Shopee," jelas Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia. 

3 Tren Transaksi Digital

Shopee Indonesia juga melihat adanya 3 tren baru mengenai transaksi digital di tengah pandemi Corona ini: 

  1. Peningkatan pembayaran digital di antara pengguna berusia lanjut. Kini, 45% jumlah transaksi ShopeePay juga digunakan pengguna yang berusia di atas 50 tahun. 
  2. Pria lebih banyak menerapkan pembayaran digital. Pasalnya, pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35% lebih tinggi untuk pria. 
  3. DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi. 

Selain itu, Handhika mengatakan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan fokus dan komitmen utama untuk membantu konsumen beradaptasi di tengah new normal. 

“Karena semakin banyak konsumen yang beralih ke platform kami untuk tetap terhubung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, kami berupaya untuk meningkatkan fokus dan komitmen utama kami dalam membantu konsumen beradaptasi dengan kenormalan baru, dan memberikan akses mudah ke layanan pembayaran digital seperti ShopeePay, melalui ekosistem yang aman dan terintegrasi." tutup Handhika.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading