Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kehidupan di Usia 30an Bisa Lebih Baik daripada 20an

ringkasan

  • Tidak Terlalu Memikirkan Kata Orang
  • Tidak Terlalu Mudah Stres saat Menghadapi Masalah Baru
  • Tidak Memaksakan Diri Memenuhi Harapan Semua Orang

Fimela.com, Jakarta Pertambahan usia merupakan hal yang tak bisa kita cegah. Dari setiap detik yang berlalu ada usia yang terus bertambah. Kehidupan pun berubah. Sejumlah perubahan kita alami dan terjadi dalam hidup kita.

Usia 30an bagi seorang perempuan bisa menjadi sebuah titik balik sendiri. Kita pun selalu punya kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dari tahun ke tahun. Kita punya peluang memiliki hal-hal yang lebih baik seiring dengan bertambahnya usia kita. Bahkan usia 30an bisa menghadirkan kehidupan yang lebih indah daripada masa-masa yang kita lewati pada usia 20an.

1. Tidak Terlalu Memikirkan Kata Orang

Selama usia 20an kita mungkin masih merasa kurang percaya diri dengan kehidupan yang kita punya. Masih terlalu mudah terpengaruh dengan kata orang atau pendapat orang dengan diri kita. Masa-masa yang kita lalui selama usia 20an dipenuhi dengan perkara mengikuti standar orang lain. Dari semua pengalaman itu, pada usia 30an kita sudah bisa lebih mudah untuk tidak terlalu memikirkan kata orang. Tidak terlalu memusingkan kata atau pendapat orang tentang diri kita.

2. Tidak Terlalu Mudah Stres saat Menghadapi Masalah Baru

Ya kita sadar bahwa hidup kita kadang tak bisa terpisahkan dari tekanan dan berbagai hal yang tak menyenangkan. Ada hari-hari buruk dan kondisi stres yang tak bisa kita hindari. Tapi setidaknya setelah melewati berbagai pengalaman tak menyenangkan pada usia 20an, kita tidak lagi mudah stres saat mengalami masalah baru. Banyak pengalaman pada usia 20an yang mengajarkan kita bahwa setiap masalah pasti memiliki  jalan keluar.

3. Tidak Memaksakan Diri Memenuhi Harapan Semua Orang

Betapa lelahnya hidup saat harus memenuhi harapan dan keinginan semua orang. Menjalani usia 20an kita sering kewalahan dengan tekanan membahagiakan semua orang. Sampai kemudian kita menyadari bahwa kita tak bisa memenuhi semua standar orang. Kita mulai memahami pentingnya memiliki prioritas dalam hidup. Sehingga hidup pun bisa terasa lebih nyaman.

4. Memiliki Pencapaian-Pencapaian Tersendiri

Sebelumnya mungkin kita sering membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Selalu merasa orang lain jauh lebih baik dari kita. Merasa kehidupan orang lain tampak selalu lebih bahagia daripada kehidupan kita. Semua pengalaman itu kemudian menyadarkan kita bahwa setiap orang punya perjalanan hidup sendiri. Masing-masing orang memiliki pencapaian tersendiri dalam hidup. Kita kemudian lebih fokus jalani hidup kita jadi lebih bermakna dan berarti.

5. Lebih Terbuka Menerima Kehidupan 

Kita menyadari bahwa hidup memang tak selalu mudah tapi selalu ada makna baru dari setiap perjalanannya. Kita jadi lebih terbuka menerima berbagai warna kehidupan. Setelah melewati usia 20an dan semua pergolakan yang ada, kini kita bisa lebih percaya diri jalani kehidupan. Selalu ada kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Menapaki usia 30an, masih ada banyak harapan baru yang bisa kita genggam. Semoga ke depannya ada lebih banyak keindahan yang kita peroleh dalam hidup. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading