Sukses

Lifestyle

Cara agar Kikil Sapi Cepat Empuk dan Tidak Bau, Ini 4 Tipsnya

ringkasan

  • Kikil Sapi Direbus dengan Jahe
  • Kikil Sapi Direndam dengan Air Mendidih
  • Kikil Sapi Direbus dengan Panci Presto

Fimela.com, Jakarta Kikil sapi punya tekstur kenyal yang unik. Bisa diolah jadi aneka hidangan sedap seperti gulai kikil, tumis kikil pedas, dan sebagainya. Supaya kikil cepat empuk dan tidak bau, maka ada proses pengolahan yang perlu diperhatikan.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk membuat kikil cepat empuk. Sebelumnya kikil perlu dibersihkan dari bulu-bulu yang menempel. Caranya kikil direndam dalam air mendidih selama sekitar 20 menit. Setelah itu kikil bisa dikerok untuk menghilangkan bulunya. Lemak yang menempel pun bisa dihilangkan dalam proses ini. Lendir yang berlebihan pun bisa kita bersihkan saat mengeroknya. Berikut ini beberapa tips tambahan yang bisa dicoba agar kikil sapi cepat empuk dan tidak bau amis.

1. Kikil Sapi Direbus dengan Jahe

Kikil yang sudah dicuci bersih, bisa langsung direbus dengan jahe. Jahe dapat berfungsi sebagai penawar dan menghilangkan aroma amisnya. Rebus kikil dan jahe yang digeprek secukupnya selama kurang lebih 20 menit sampai empuk. Setelah itu, kikil bisa dipotong-potong sesuai selera.

2. Kikil Sapi Direndam dengan Air Mendidih 

Rebus air hingga mendidih kemudian rendam kikil dengan air mendidih tersebut selama sekitar 30 menit. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada kikil. Setelah itu, tiriskan kikil kemudian beri perasan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amisnya.

Rebus kembali kikil dengan air di panci hingga mendidih, tambahkan 1 sdm beras dan rebus kikil yang ditiriskan bersama air rebusan beras ini. Rebus kira-kira selama 20 menit atau lebih untuk mendapatkan kikil yang empuk. Kikil yang sudah empuk ditiriskan dan dicuci bersih. Lalu, rendam dengan air dingin agar kikil lebih awet dan tahan lama saat disimpan.

3. Kikil Sapi Direbus dengan Macam-Macam Daun

Cara yang satu ini juga cukup efektif untuk menghasilkan kikil yang empuk dan tidak bau amis. Rebus kikil sapi dengan macam-macam daun beraroma kuat. Misalnya, untuk 150 gram kikil sapi bisa direbus dengan 2 lembar daun jeruk, 1 serai, 2 lembar daun salam, dan 1 ruas jahe. Rebus selama sekitar 2 jam sampai empuk. 

4. Kikil Sapi Direbus dengan Panci Presto

Agar lebih cepat empuk, kikil bisa direbus pakai panci presto. Untuk satu kilogram kikil, bisa direbus selama dua jam lalu dipotong kecil-kecil. Pakai panci biasa pun bisa, tapi sebaiknya kikil dipotong kecil-kecil lebih dahulu agar cepat empuk bila direbus dengan menggunakan panci biasa.

Semoga setelah ini sudah tidak bingung lagi cara mengolah kikil sapi, ya. 

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading