Sukses

Lifestyle

Hobi Baca Buku Bisa Cegah Depresi dan Tingkatkan Percaya Diri, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Membaca buku mungkin menjadi kebiasaan yang tampak kuno di zaman yang serba digital ini. Membaca buku bukan hanya membuka jendela pengetahuan yang lebih luas tapi ternyata juga mampu mengukur seberapa besar kepuasan setiap orang terhadap hidup mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan Centre for Research into Reading, Literature and Society (CRILS) di University of Liverpool menemukan bahwa membaca buku mampu menurunkan tingkat depresi dan bahkan meningkatkan rasa percaya diri.

Penelitian yang diketuai Dr Josie Billington ini meneliti hubungan membaca buku secara teratur bagi orang dewasa serta manfaatnya secara emosional, sosial, dan psikologis.

Baca buku tingkatkan kepercayaan diri

Percobaan dilakukan pada partisipan depresi dan meminta mereka membaca buku selama 12 bulan. Hasilnya, kesehatan mental mereka jadi lebih baik dan bahkan meningkatkan konsentrasi mereka dalam berbagai hal.

Membaca buku secara teratur juga memiliki manfaat mengejutkan mampu membuat kita berpikiran lebih positif dalam hidup, menghubungkan kita dengan orang lain dan membuat kita merasa lebih bahagia dengan diri kita sendiri.

Sebesar 27% partisipan bahkan terinspirasi membuat perubahan positf dalam hidup mereka setelah membaca buku, seperti misalnya mencari pekerjaan baru, mengakhiri hubungan yang buruk dan bahkan pergi traveling.

Tidak terlalu mengherankan ya Sahabat Fimela, seringkali orang yang kurang membaca buku hidupnya memang tampak kurang menyenangkan.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading