Sukses

Lifestyle

Mengenal 10 Orang Terkaya di Asia

Fimela.com, Jakarta 10 orang terkaya dari Asia dalam Bloomberg Billionaires Index dan Forbes Billionaires List secara kolektif memiliki kekayaan lebih dari $ 500 miliar.

Beberapa miliarder yang menduduki peringkat teratas adalah usaha mandiri dan membangun kekayaan mereka melalui kerajaan teknologi, seperti Jack Ma, yang mendirikan Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China.

Lainnya mewarisi kekayaan dari keluarga mereka, seperti Mukesh Ambani, orang terkaya di Asia yang mengambil alih perusahaan minyak ayahnya, Reliance Industries.

Berikut list orang terkaya dan bepengaruh se-Asia melansir businessinsider.com.

1. Mukesh Ambani

Posisi pertama ditempati oleh Mukesh Ambani, orang terkaya di India dan kedelapan di dunia ini mengambil alih sebagai ketua Reliance Industries ketika ayahnya, pendiri perusahaan, meninggal pada tahun 2002. Reliance Industries adalah perusahaan minyak dan gas yang 42% dimiliki Ambani, menurut Bloomberg miliknya Profil Miliarder.

Ambani juga mendirikan Jio, layanan telepon 4G. Dia memiliki Indian Mumbai, tim kriket profesional, dan properti senilai lebih dari $ 400 juta.

2. Jack Ma

Orang terkaya di China, mendirikan Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di negara itu. Alibaba menjalankan Taobao, situs belanja online, bersama dengan Tmall, fasilitator toko online. Ma menjabat sebagai ketua eksekutif perusahaan hingga dia mengundurkan diri pada 2019.

Ma juga memiliki saham di dua perusahaan industri hiburan Tiongkok dan layanan pembayaran online.

Mantan guru bahasa Inggris, Ma baru-baru ini menjadi berita karena sumbangannya yang meluas untuk mencegah penyebaran virus corona

3. Pony Ma

Pony Ma, juga dikenal sebagai Ma Huateng, menjabat sebagai ketua dan CEO Tencent Holdings, perusahaan teknologi yang dia dirikan bersama dengan Zhang Zhidong. Tencent terkenal dengan aplikasi perpesanan instannya WeChat, yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna.

4. Colin Huang

Colin Huang, juga dikenal sebagai Huang Zheng, adalah pendiri dan ketua salah satu perusahaan e-commerce terbesar di China, Pinduoduo. Platform ini memiliki lebih dari 628 juta pelanggan dan menghasilkan $ 4,2 miliar pada 2019, sesuai profil Huang's Bloomberg Billionaires.

Sebelum menjalankan Pinduoduo, Huang magang di Microsoft dan bekerja di Google, menurut profil Forbes miliknya. Selain itu, Huang mendirikan dua perusahaan berbasis internet lainnya - Xinyoudi, sebuah bisnis game, dan Ouku.com, platform e-commerce lainnya.

5. William Ding

William Ding menjalankan penyedia internet berbasis di Beijing, NetEase yang dikreditkan dengan melokalkan game populer seperti "Overwatch" dan "Westward Journey," menurut profil Bloomberg Billionaires-nya. Perusahaan bekerja sama dengan Blizzard Entertainment dan anak perusahaan Microsoft, Mojang. Selain bermain game, NetEase bekerja dengan hiburan media online lainnya seperti film dan musik.

 

6. Tadashi Yanai

Tadashi Yanai, orang terkaya di Jepang, menjalankan perusahaan induk Uniqlo, Fast Retailing. Yanai juga merupakan pendiri dan pemegang saham terbesar dari pengecer pakaian, yang kebetulan terbesar di Asia, menurut profil Miliarder Bloomberg Yanai. Fast Retailing beroperasi memiliki sekitar 1.000 toko.

Yanai memiliki beberapa lapangan golf di Maui, Hawaii.

7. Li Ka-Shing

Li Ka-Shing, orang terkaya di Hong Kong, mendirikan CK Hutchison Holdings, sebuah kerajaan bisnis yang luas dengan minat terutama pada layanan ritel. Selain itu, Li mendirikan perusahaan induk investasi lain, CK Asset Holdings, yang bergerak di bidang jasa real estat.

Li menjalankan kedua perusahaan hingga Mei 2018, ketika putranya, Victor, mengambil alih sebagai ketua, sesuai profil Bloomberg Billionaires-nya.

CK Hutchinson menghasilkan $ 38 miliar pada 2019.

8. Yang Huiyan

Yang Huiyan, wanita terkaya di Asia dan satu-satunya wanita dalam daftar ini, mewarisi lebih dari setengah saham perusahaan pengembang real estat ayahnya, Country Garden Holdings, pada tahun 2005, sesuai profil miliarder Bloomberg-nya.

Yang saat ini menjalankan perusahaan, yang membangun gedung dan mengelola hotel di China. Pada saat yang sama, Yang menjabat sebagai ketua perusahaan pendidikan, Bright Scholar Education Holdings.

9. Hui Ka Yan

Hui Ka Yan menjabat sebagai ketua China Evergrande Group, sebuah perusahaan pengembang properti yang dibangun di hampir 300 kota di seluruh China. Hui mendirikan perusahaan pada tahun 1996 dengan sepuluh tahun pengalaman bekerja di pabrik baja, sesuai profil Forbes-nya. Hui membawa perusahaan itu ke publik pada dekade berikutnya.

10. He Xiangjian

He Xiangjian mendirikan Midea Group, sebuah perusahaan yang mengekspor AC dan memproduksi peralatan lain seperti pemanas dan mesin cuci. Dia memulai bisnisnya pada tahun 1968 dengan memproduksi tutup plastik dan membangunnya menjadi salah satu perusahaan peralatan terbesar di dunia, sesuai profil Forbes miliknya. Dia mengundurkan diri dari operasi Midea pada tahun 2012, dan putranya He Jianfeng menjabat sebagai salah satu direktur Midea.

 

 

#changeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading