Sukses

Lifestyle

3 Waktu Ideal dan Tidak Ideal Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Kita disarankan untuk minum air putih cukup setiap harinya. Pada orang dewasa, disarankan minum 6-8 gelas air putih per hari. Tapi sudahkah kita minum air putih pada waktu yang tepat?

Ternyata ada waktu ideal dan tidak ideal minum air putih. Mengutip buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya, ada tiga waktu ideal minum air putih dan ada tiga waktu yang sebaiknya tidak minum air putih. Selengkapnya, langsung simak infonya di bawah ini.

3 Waktu Ideal Minum Air Putih

Tiga waktu ideal minum air putih adalah:

1. Setelah bangun tidur pada pagi hari.

2. Satu jam sebelum setiap kali makan.

3. Pilih air hangat dan minum perlahan saat udara dingin.

Hal pertama yang kita perlakukan saat bangun pada pagi hari adalah minum air putih. Bisa satu hingga tiga gelas pada pagi hari. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan dengan baik, maka darah akan mengalir dengan lebih baik sehingga mendorong efisiensi metabolisme.

Setiap satu jam sebelum makan, kita bisa minum air putih sebanyak 500 ml. Kurang disarankan minum air dingin sebab minuman dingin akan mendinginkan tubuh. Padahal enzim paling aktif pada suhu 36-40 derajat celcius. 

3 Waktu Tidak Ideal Minum Air Putih

Sebaiknya hindari minum air putih, pada:

1. Tepat sebelum makan. Kenapa? Karena lambung jadi penuh dan bisa menghilangkan nafsu makan.

2. Saat makan. Jadi ketika makan, fokuslah untuk menghabiskan makanan yang ada perlahan-lahan. Kalau disela atau dibarengi minum, air akan mengencerkan enzim pencernaan dalam lambung sehingga menyulitkan pencernaan dan penyerapan.

3. Tepat sebelum tidur. Sebaiknya beri jeda antara waktu minum dengan tidur malam. Kalau minum lalu langsung tidur, maka akan berisiko terjadinya aliran balik 

Sekarang sudah tahu kan waktu ideal dan tidak ideal minum air putih? Semoga info di atas bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading