Sukses

Lifestyle

17 Rekomendasi Buku Bagus untuk Dibaca saat Mengisi Waktu Mati Lampu

Fimela.com, Jakarta Saat mati lampu, biasanya kita akan merasa mati gaya. Apalagi saat baterai ponsel atau laptop sudah tinggal sedikit, kadang kita jadi merasa tertekan karena sulit untuk berhubungan dengan dunia luar. Namun, saat mati lampu bisa jadi waktu yang pas untuk sedikit bersantai.

Membaca buku bisa jadi aktivitas yang pas untuk mengisi waktu mati lampu. Bahkan kita bisa lebih rileks sekaligus melepas stres saat kita fokus membaca buku bagus. Kali ini Fimela punya rekomendasi buku bagus ini. Buku-buku ini dijamin bisa memberi inspirasi baru sekaligus membuatmu lebih nyaman mengisi waktu.

 

1. Going Offline

Buku Going Offline karya Desi Anwar ini bisa pengingat kita untuk kembali menjalani hidup dengan lebih seimbang. Berisi sekumpulan artikel pendek dengan bahasa yang ringan, buku ini dapat menjadi teman terbaikmu saat kamu sedang butuh detoksifikasi media sosial. Terbagi menjadi dua bagian besar, Mengapresiasi Hidup dan Kehidupan serta Seni Kehidupan, buku ini membantu kita untuk kembali menemukan jati diri dan kenyamanan di tengah dunia yang penuh distraksi ini.

2. The Things You Can See Only When You Slow Down

The Things You Can See Only When You Slow Down ini sudah terjual lebih dari tiga juta eksemplar. Wah, angka yang sangat fantastis ya! Buku ini bisa diterima oleh banyak kalangan karena memuat topik-topik yang sangat universal sekaligus sangat dekat dengan diri kita. Setelah Bab Istirahat sebagai pembuka, pembahasan dilanjutkan dengan judul bab Kebersadaran, Gairah, Hubungan, Cinta, Kehidupan, Masa Depan, dan Spiritualitas.

3. Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna

Persoalan bekerja atau tidak bekerja bagi perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak memang selalu menghadirkan berbagai dilema. Saat membuat sebuah pilihan pun, seorang perempuan masih akan dibayangi perasaan bersalah. Ketika memilih untuk tetap bekerja, ada rasa bersalah karena tidak memberi cukup waktu untuk keluarga. Namun, ketika memilih untuk tidak bekerja, ada rasa bersalah karena tidak memanfaatkan potensi diri yang ada dengan lebih maksimal. Persoalan ini menjadi salah satu topik yang dibahas dalam buku Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna.

4. Mengheningkan Cinta

Mengheningkan Cinta merupakan buku yang sangat ramah untuk jiwa. Tidak ada kesan menghakimi atau menggurui perihal cinta dalam buku ini. Justru kita akan merasa seolah tangan kita digandeng dan tubuh kita didekap melalui berbagai pemahaman dan pemaknaan soal cinta. Cinta mungkin tak selalu membuat kita baik-baik saja. Kadang ada luka dan rasa sakit yang ditimbulkannya. Namun, kita selalu punya kemampuan untuk menyeimbangkan rasa dan menjalani hidup bersama cinta.

5. Loving the Wounded Soul

Loving the Wounded Soul merupakan buku yang sangat penting untuk dibaca kita semua. Siapa saja bisa mengalami depresi, meski memang ada orang-orang tertentu yang memiliki tingkat kerentanan berbeda terhadap depresi. Dari buku ini, kita bisa memahami kesehatan mental dengan lebih mendalam melalui bahasa yang sangat mudah dicerna. Ditambah dengan pengalaman-pengalaman Regis sebagai penyintas depresi dan akademisi psikologi, kita mendapat banyak pandangan baru tentang depresi dan pentingnya mencintai diri sendiri.

Semoga rekomendasi buku di atas bisa membuatmu lebih rileks dan terinspirasi, ya. Happy reading!

6. Sunshine Becomes You

Sunshine Becomes You adalah novel remaja karya Ilana Tan. Novel ini diterbitkan pertama kali tahun 2012, yang menceritakan tentang kisah Alex Hirano dan Mia Clark. Mereka berdua bertemu dengan tragedi Mia terjatuh dari tangga dan menimpa tubuh Alex, hingga tubuh Alex terkilir dan membatalkan konsernya.

Demi mendapatkan permintaan maaf Alex, maka Mia rela bekerja di apartemen milik Alex, dan Alex memperlakukan Mia seperti pembantunya. Dari kebencian, akhirnya perasaan Alex berubah pada Mia, begitu juga dengan Mia pada Alex. Ada banyak hal yang membuat penasaran dalam novel Sunshine Becomes You, sehingga novel ini banyak digemari para pembaca.

7. Mariposa

Mariposa merupakan novel yang awalnya ditulis oleh Luluk HF di aplikasi Wattpad. Hingga akhirnya novel ini diterbitkan menjadi buku fisik, dan diadopsi menjadi film layar lebar. Novel remaja ini menceritakan tentang kisah cinta para remaja yang dibumbui komedi.

Novel yang menceritakan tentang kisah Acha perempuan agresif, yang mengejar Iqbal seorang lelaki cuek ini, sangat sukses membuat para pembaca baper, karena ceritanya yang ringan dan seru.

8. Nebula

Novel ini merupakan karya terbaru Tere Liye yang merupakan spin-off dari seri Bumi. Selena dan Nebula sebaiknya kamu baca berurutan supaya kamu dapat memahami alurnya dengan jelas dan tidak membuatmu kebingungan. 

Nebula adalah pelengkap puzzle dari kisah masa lalu Selena. Masih melanjutkan kisah antara Selena dengan sahabat-sahabatnya di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi yaitu Mata dan Tazk, dan petualangan mereka di klan Nebula.

9. 5 Cm

Kisah ini menceritakan tantang petualangan menuju Mahameru yang membuat kita mengerti arti persahabatan. Diterbitkan pada tahun 2007, novel 5 cm telah dicetak berulang kali dan telah diangkat menjadi film layar lebar. Novel ini juga menceritakan persahabatan yang menyenangkan, magharukan, dan menegangkan.

Perjalanan lima orang sahabat yang bernama Arial, Zafran, riani, Ian, dan Genta. Namun beberapa cerita juga menggambarkan perjalanan mereka yang jenuh dan memutuskan mereka untuk tidak berkomunikasi satu sama lain.

Seiring berjalannya waktu mereka memiliki kesibukan masing-masing, dan mereka dikejutkan dengan salah atu temannya yang mengajak untuk mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Nah bagi kamu yang penasaran dengan kisah persahabatan mereka, 5 cm bisa menjadi list untuk membaca.

10. Pride and Prejudice

Sudahkah kamu membaca novel terjemahan yang ditulis oleh Jane Austen? Jika belum, kamu perlu membaca novel fenomenal yang satu ini. Novel ini menjadi salah satu karya Sastra Inggris yang tetap banyak dicari.

Hal ini dikarenakan pengemasan dan alur cerita yang menarik. Para pembaca menyukai cara Austen dalam menangkap karakter manusia secara terus terang dan dengan ketidaksempurnaannya. Selain itu, novel ini juga memberikan deskripsi yang romantis tentang feminisme dan kekuatan perempuan. 

11. When It's Real

Karier Oakley Ford salah satu bintang Pop saat ini sedang berhenti. Sudah dua tahun lamanya ia tidak merilis album dan followers di media sosialnya juga berkurang. Selain itu ia juga tidak ingin kariernya berakhir bahkan sebelum ulang tahun yang ke 20. Namun pihak manajemen menyuruhnya untuk mencari pacar demi strategi promosi.

Ia memilih Vaugh Benner seseorang yang sederhana dan sedang mencari uang untuk mencukupi keluarganya. Apalagi bayaran untuk menjadi pacar boongan juga lumayan tinggi, ia juga mendapatkan kesempatan untuk hidup mewah di Hollywood. Namun pacaran bohongan yang mereka jalani, tiba-tiba memudar dan timbul perasaan yang sama antara mereka.

12. Cerita Tentang Hujan

Dalam rinai kisah kita yang terlukiskan. Novel ini merupakan kisah cinta antara Fajar dan Senja, meskipun mereka saling menyimpan rasa satu sama lain.

Tak semudah mereka untuk jadian, Senja tidak tahu rahasi-rahasia yang disimpan oleh Fajar sama seperti tidak tahunya Fajar isi hati Senja. Apakah isi hatinya hanya untuk Fajar? Atau laki-laki lain? Hal ini memang membingungkan, namun bukan cinta kalau tidak serumit ini.

13. Romankasa

Kembar terkadang menyenangkan, kita akan berdampingan seseorang yang memiliki kebiasaan atau kesukaan yang hampir sama. Namun, tidak dengan Clarissa dan Clarinna, Meski kembar, perlakuan mereka terima dari sang papa sangat berbeda sejak kecil. Clarinna adalah anak kesayangan papa karena selalu memiliki prestasi dan mudah bergaul.

Sedangkan Clarissa yang tidak begitu pintar dan sibuk dengan buku-buku roman favoritnya. Tuntutan sang ayah tentu harus membuat Clarissa seperti sudara kembarnya, hal ini membuat ia memtusukan untuk kabur dari rumah. Namun tak semudah itu ia bisa hidup bebas di luar sana, Clarissa harus bekerja menjadi asisten Daniesl salah satu actor muda yang tampan, kaya, dan terkenal serta banyak maunya. Akankah Clarissa sanggup berurusan dengan Daniel?

14. Titik Potong

Ariyanto saat menjalani masa SMA nya selalu dengan  hura-hura. Namun, ternyata ia akan memperbaiki saat dibangku kuliah. Ia berteman dengan Nunug yang selalu bermain sulap dan Ikhsan si kutu buku, tetapi saat ia berusaha untuk menjadi yang lebih baik perempuan bernama Nurma justru menghilang dan menyibukkan dirinya dari rasa patah hati.

Hingga suatu ketika ia harus ke Jakarta untuk membantu menyelesaikan masalah teman-temannya dan ia tak sengaja bertemu dengan Nurma dalam kondisi yang berbeda.

15. Quatre

Bagi Rosita pertanyaan “kapan nikah?” bukanlah sebuah basa-basi, melainkan cara orang lain untuk merendahkan hidupnya. Padahal ia nyaman dengan kehidupannya yang lengkap. Ia juga sukses dalam pendidikan, karier, hingga saat ini ia berhasil membangun toko roti bernama “Iris Kitchen” yang sudah lama ia impikan.

Ia tak mengerti mengapa banyak orang selalu mendewakan pernikahan, sedangkan ia sendiri mendewakan impian. Ketika ia menghadapi masalah bisnisnya yang hampir hancur dan sepi peminat, dengan kegigihannya ia harus bekerja di kantoran untuk mencari modal bisnisnya. Namun ibunya bersikeras untuk meminta tata berhenti mengurusi bisnis dan menikah dengan pria mapan.

Ibunya tak segan melihat anaknya selalu menjadi bahan omongan tetangganya karena masih melajang di usia kepala tiganya. Desakan oragtuanya juga membuat tata stress karena mereka tak tahu masa lalu yang dihadapinya untuk mengjindar dari kata pernikahan.

16. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa

Sebagian orang mungkin pernah merasa putus asa dan ketakutan menghadapi masa depan. Sehingga membutuhkan dukungan dari orang lain, agar lebih bersemangat dalam menghadapi masa depan, dan berani menjalani segala kesempatan yang ada. Dengan membaca buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa, pembaca bisa bersikap bodo amat terhadap ekspektasi orang lain, dan mulai mencari kebahagiaan untuk diri sendiri.

17. Kamu Gak Sendiri

Sebagai seorang manusia, kita harus menyadari tentang perasaan kita sendiri, tanpa harus berbohong dengan menutupi perasaan tersebut. Buku Kamu Gak Sendiri mengajarkan kita untuk memahami perasaan yang sedang kita rasakan. Perasaan yang sedang dialami ini harus diakui dan kemudian dilepaskan, agar lebih tenang dan bisa bahagia kembali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading