Sukses

Lifestyle

1,2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia, Corona Berakhir?

Fimela.com, Jakarta Vaksin COVID-19 yang dinanti akhirnya tiba di Indonesia. Kabar membahagiakan ini menjadi angin segar setelah pandemi virus Corona terjadi sejak Maret 2020. Pada Minggu (6/12/2020) pesawat Garuda Indonesia yang membawa vaksin COVID-19 mendarat dengan selamat di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, sekitar pukul 21.30 malam.

Dikutip dari Liputan6.com, melalui kanal Youtube Sekertariat Presiden, memperlihatkan video datangnya vaksin COVID-19 Sinovac di Indonesia. Terlihaat pesawat menurunkan container pendingin bertuliskan RAPB1136PC berisikan vaksin COVID-19 diturunkan dari atas pesawat.

Satu per satu wadah diturunkan yang berisikan vaksin untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Virus Corona COVID-19 yang terjad sepanjang tahun 2020 ini. Vaksin kemudian disimpan di dalam gudang, sebelum didistribusikan ke masyarakat.

"Saya ingin menyampaikan satu kabar baik bahwa pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020 lalu," Jokowi menambahkan. “Pengadaan vaksin ini sesuai dengan pertaturan Presiden nomor 99 tahun 2020 diatur lebih lanjut dengan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 98 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengadaan vaksin covid-19,” dalam tayangan live kedatangan vaksin Sinovac yang disiarkan daring dari laman Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020) malam.

Akan segera didistribusikan

Lalu dilengkapi dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 6587 2020 tentang penugasan PT Biofarma dalam pengadaan vaksin covid-19, serta keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860 tentang penetapan jenis vaksin covid 19.

“Di dalam peraturan-peraturan tersebut disebutkan telah diatur skema pelaksanaan vaksinasi yakni vaksin program pemerintah yang akan disediakan secara gratis, dan vaksin Mandiri yang disediakan secara berbayar untuk masyarakat,” ujarnya.

Aturan rinci untuk aturan kedua skema tersebut akan diterbitkan dalam 1-2 minggu kedepan dengan terus meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol Kesehatan melalui 3M dan 3T. kedatangan vaksin covid-19 ini merupakan momentum awal dari langkah nyata pemerintah dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia, sekaligus menerjemahkan pernyataan Presiden dimana keselamatan rakyat sebagai prioritas utama dalam penanganan covid-19.

Melengkapi upaya testing, tracing, dan treatment serta memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, pelaksanaan vaksinasi Vaksinasi adalah upaya yang sangat penting dalam mengakhiri pandemi.

“Ketiga hal tersebut 3T dan 3M, serta vaksinasi harus selalu berjalan bersamaan sampai sampai kita semua di Indonesia dan di seluruh dunia benar-benar lepas dari pandemi covid-19,” pungkasnya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading