Sukses

Lifestyle

Kenapa Kuku Kucing Harus Dipotong?

Fimela.com, Jakarta Semanis-manisnya kucing, hewan peliharaan yang satu ini masih mempertahankan naluri alaminya sebagai predator. Bukan hanya gigi yang tajam dan refleks yang cepat, kukunya yang tajam seringkali meninggalkan perih di kulit hingga bekas cakaran pada perabotan. Biar niat grooming sendiri kian teguh, intip alasan di balik pentingnya memotong kuku kucing kesayanganmu.

Menyebabkan banyak kerusakan

Kucing menggunakan cakarnya untuk berburu dan memanjat pohon, juga menggaruk area tertentu untuk menandai wilayah kekuasaannya. Saat mengasah cakarnya, kucing melepaskan feromon atau aroma khas untuk meninggalkan jejak di sekelilingnya, termasuk perabotan rumahmu.

Menggunakan tiang cakaran bisa jadi alternatif saat kucing banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Tapi tak ada salahnya memotong kukunya jika kucing cenderung mempertajam cakarnya di sofa maupun perabot favoritmu.

Mencegah infeksi pada kucing

Kuku kucing tumbuh dalam lapisan mirip cangkang. Saat kukunya diasah, secara alami akan melepaskan cangkang yang lebih tua. Terkadang kucing kesulitan melepaskan cangkangnya dan menyebabkan kukunya tumbuh ke dalam. Bukan hanya bikin kucing merasa kesakitan, tapi hal ini juga dapat memicu infeksi yang lebih parah. Kebanyakan kasus ini terjadi saat kucing yang menua dan jadi kurang aktif.

Mencegah penyakit pada manusia

Bukan hanya akan melindungi perabotan rumahmu, memotong kuku kucing dapat mencegah kulitmu tergores. Selain menyakitkan, luka ini juga berisiko terinfeksi bakteri Bartonella henselae dan menyebabkan Cat Scratch Disease.

Setelah tergigit atau tercakar kuku kucing, dalam beberapa hari akan muncul benjolan di sekitar luka. Jika terlambat mendapat perawatan, akan diikuti dengan gejala lainnya seperti sakit kepala, sakit pada sendi, lemah, kurang nafsu makan hingga tanda-tanda mirip flu yang bertahan selama beberapa minggu.

Cara memotong kuku kucing

Kalau ingin menghemat biaya dan waktu ke salon hewan, biasakan memotong kuku kucing sejak dini. Gunakan gunting kuku khusus dan pilih tempat yang tenang untuk membantu kucing merasa lebih rileks. Pegang dengan hati-hati dan ambil cakar di antara ibu jari dan telunjuk. Tekan sedikit di bagian atas jari kaki untuk memanjangkan kuku ke luar, potong sedikit saja tanpa melebihi bagian transparannya.

Setelah selesai memotong kuku kucing, berikan apresiasi positif salah satunya dengan memberikan cat food favoritnya sebagai treat. Muezza yang mengandalkan bahan-bahan alami bisa jadi pilihan tepat untuk memanjakan kucing kesayangan. Selain bebas dari bahan sintetik, cat food berkualitas ini diolah dengan teknologi terkini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kucing.

Dikemas dalam 4 varian rasa lezat seperti Salmon, Ocean Fish, Mackerel dan Tuna, Muezza sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain terjamin lebih sehat, pemilik kucing juga bebas khawatir saat membelai kucing, membersihkan alat makan hingga menyimpannya di rumah. Tunggu apalagi, beli keempat varian rasa Muezza secara online di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading