Sukses

Lifestyle

Kucing Kesayangan Jadi Picky Eater, Gimana Menghadapinya Ya?

Fimela.com, Jakarta Buat para pecinta kucing, melalui hari-hari bersama hewan peliharaan yang satu ini sudah pasti membawa kebahagiaan tersendiri. Biarpun sering menyebalkan, tapi tingkah lucunya ampuh mengusir stres para pemiliknya akibat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Biar kucing tetap sehat dan lincah, memperhatikan asupan nutrisinya sudah pasti penting banget dong.

Tapi, tiba-tiba kucing di rumah jadi pemilih banget soal makanan. Bahkan kadang cuma diendus saja, lalu dia pun pergi. Wah, bisa jadi tanda kucingmu mulai picky eater nih. Gimana mengatasinya ya?

Kenali Pola Makan Kucing di Rumah

Kucing nggak segera menyentuh makanannya, jangan langsung menganggap kalau hewan kesayanganmu picky eater. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali pola makan kucing di rumah. Benarkah kucing jadi pemilih, atau ia hanya menunda waktu makannya saja?

Pada dasarnya kucing nggak bisa makan langsung dalam jumlah banyak. Biasanya mereka akan makan dalam jumlah sedikit, baru kemudian makan lagi setelah jeda 30 menit hingga 1 jam. Ada juga kucing yang hobi ‘ngemil’ serangga atau hewan kecil lainnya, sehingga ia masih merasa kenyang saat jam makan tiba.

Selera Makan Kucing Juga Bisa Berubah

Nggak hanya terjadi pada anak-anak saja, kucing juga bisa jadi sangat pemilih soal makanan yang dikonsumsi. Menurut situs Pets WebMD, kucing sebenarnya punya kodrat sebagai hewan pemburu dengan berbagai pilihan makanan. Saat hidup di alam bebas misalnya, kucing bisa memangsa apa saja seperti tikus, serangga, atau hewan yang bisa dijadikan mangsa lainnya.

Jadi, nggak heran jika kucing gampang bosan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Apalagi jika makanan yang disajikan sang pemilik selama ini minim variasi. Selain itu, kucing juga sama seperti manusia. Semakin usianya bertambah dewasa, selera makannya juga bisa berubah. Misalnya saat masih kecil lebih suka dengan makanan basah yang lunak, begitu beranjak dewasa kucing jadi lebih suka dengan makanan kering dengan tekstur lebih kasar.

Beri Makan Kucing Saat Lapar

Kalau kucing terlalu pemilih saat makan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah beri makan ia hanya saat sudah benar-benar lapar saja. Jadi, kamu bisa menyimpan dulu semua makanan yang ada, baru berikan pada kucing kesayangan saat ia mulai mengeong tanda lapar. Saat kucing mulai kehabisan energi dan kelaparan, ia nggak akan sempat pilah-pilih apa yang ingin disantap.

Makan Bareng Kucing Lain

Tahu nggak kalau makan bareng kucing lain ternyata bisa meningkatkan selera anabul kesayangan buat ikutan menyantap? Yup, saat melihat teman-temannya makan dengan nikmat, si kucing juga bisa jadi ikutan merasa lapar lalu ia pun akan melahap makanan apa saja yang ada di hadapannya. Kalau kamu hanya memelihara kucing tunggal di rumah, mungkin bisa memanfaatkan kucing tetangga untuk memancing nafsu makan si kucing kesayangan.

Ganti Menu Makan Kucing Biar Nggak Bosan

Sama seperti kamu yang bisa merasa bosan makanan itu-itu saja, kucing juga bisa mengalami hal yang sama. Jika ia terlihat mulai bosan dengan makanan basah, dry food yang lezat dan kaya nutrisi bisa jadi pilihan yang tepat. Yuk, perkenalkan kucing kesayangan dengan Muezza Cat Food!

Muezza adalah dry food yang kaya kandungan protein sehingga cocok dikonsumsi oleh kucing dewasa. Di dalamnya kaya akan kandungan nutrisi yang dapat memperkuat tulang dan gigi kucing kesayangan. Selain itu Muezza juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega. Kombinasi Omega 3 dan Omega 6 di dalamnya juga mampu menyehatkan bulu. Kandungan nutrisinya juga mampu menyehatkan mata kucing serta mengurangi bau kotoran.

Asyiknya lagi, Muezza memiliki 4 varian rasa lezat yang pasti disukai kucing di rumah, yaitu Tuna Flavor, Ocean Fish Flavor, Salmon Flavor dan Mackerel. Yuk, beli segera Muezza di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading