Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, 6 Risiko Penyebaran Covid-19 di Perayaan Malam Tahun Baru

ringkasan

  • Perayaan malan tahun baru menjadi tempat berkembang biak utama Covid-19 karena banyak alasan
  • Bukti yang banyak menunjukkan bahwa ventilasi yang buruk di ruang interior menyebabkan penyebaran penyakit, meskipun ada jarak sosial dan upaya sanitasi.

Fimela.com, Jakarta Tahun ini akhirnya hampir berakhir, dan tahun 2020 merupakan tahun yang menantang bagi seluruh dunia dikarenakan pandemi virus corona telah menyebar dan melumpuhkan hampir seluruh industri.

2020 masyarakat dunia benar-benar menjalani kehidupan yang baru, mulai dari melakukan semua hal di rumah, menggunakan masker bila keluar rumah, membawa alat sanitasi dan masih banyak lagi hal baru yang dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dengan datanya vaksin, banyak orang berharap keadaan kembali normal. Namun, kita jangan lengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Apalagi memasuki acara penutupan tahun yang indektik dengan pesta, liburan, dan kumpul-kumpul yang sangat berisiko.

Shruti Gohil, M.D., direktur medis serta profesor di Sistem Kesehatan Irvine Universitas California, melansir goodhousekeeping, pesta atau berkumpul di dalam ruangan tidak aman. "Virus ini tidak peduli jika kalian berkumpul untuk liburan, tugas virus hanyalah menyebarkan kepada orang-orang," ungkapnya.

Maka perlu digaris bawahi, jika perayaan malan tahun baru menjadi tempat berkembang biak utama Covid-19 karena banyak alasan.

Kekhawatiran yang paling mendesak, mengingat COVID-19 saat ini diketahui terutama menyebar melalui tetesan dan aerosol pernapasan di udara yang menular, adalah bahwa hampir semua pesta Malam Tahun Baru berlangsung di dalam ruangan.

Bukti yang banyak menunjukkan bahwa ventilasi yang buruk di ruang interior menyebabkan penyebaran penyakit, meskipun ada jarak sosial dan upaya sanitasi.

Sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam Journal of Korean Medical Science bulan ini menunjukkan bahwa pengunjung di sebuah restoran tertular COVID-19 dari satu pengunjung luar kota hanya setelah 5 menit terpapar - dan dalam beberapa kasus, sejauh 20 kaki. Bukti seperti ini menunjukkan bahwa meskipun semua orang terpisah 6 kaki atau lebih saat berada di dalam dan makan dan minum, COVID-19 kemungkinan masih akan menyebar.

Di bawah ini, Dr. Gohil meninjau kekhawatiran lain seputar perayaan Tahun Baru yang diangkat oleh pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan mengapa harus benar-benar tinggal di rumah bersama keluarga tahun ini.

Apa risiko yang terkait dengan Malam Tahun Baru?

Liburan biasanya merupakan waktu untuk merangkul keluarga, teman, dan orang yang dicintai, sering kali menghabiskan waktu berjam-jam untuk merayakan tradisi dan pada Malam Tahun Baru, bernyanyi, menari, dan menikmati beberapa minuman dan makanan yang meriah.

Namun, selama pandemi, semua aktivitas tersebut membawa risiko yang signifikan. Harus mendorong orang untuk berpikir dua kali tentang bagaimana mereka merayakan tahun ini.

Meskipun kemungkinan besar akan menghindari tradisi yang jelas-jelas berisiko sakit, ada bahaya lain untuk berkumpul pada Malam Tahun Baru yang harus dipertimbangkan.

1. Pasokan udara bersama

Pasokan udara bersama, bergabung dengan semua jenis kelompok atau kerumunan di ruang interior kecil pada dasarnya berisiko, tetapi bahkan kerumunan kecil di ruang acara yang lebih besar dapat meningkatkan risiko.

Mengenakan masker dapat mencegah kemungkinan partikel menular di udara pada akhirnya menyebar ke orang di dalam. Tetapi menghabiskan berjam-jam di ruang kecil dengan aliran udara terbatas sama sekali tidak aman.

2. Menari dan bernyanyi

Kemungkinan sebagian besar pembawa acara Malam Tahun Baru tidak akan meminta semua tamu undangan duduk dengan tenang terpisah 6 kaki satu sama lain. Sebaliknya, Malam Tahun Baru sering kali mencakup tarian dan nyanyian, yang dapat meningkatkan kemungkinan COVID-19 dapat melewati wilayah udara bersama.

3. Musik yang keras

Intinya adalah meminta tamu berteriak daripada berbicara satu sama lain. "Ini adalah waktu ketika kita memproyeksikan; semakin banyak kebisingan di dalam ruangan, semakin ingin berbicara dengan suara yang keras," jelas Dr. Gohill.

Semakin keras suara, semakin kita semua ingin berbicara dengan paksa, jadi kita mulai memuntahkan apa pun yang ada di saluran udara kita, yang bermasalah.

4. Makanan dan minuman

Para ilmuwan telah menyatakan bahwa makanan itu sendiri tidak menyebabkan wabah COVID-19 selama pandemi, juga bukan masalah tersendiri. Tetapi membuat orang berkumpul di sekitar prasmanan liburan bersama yang terdiri dari makanan pembuka, koktail, dan pernak-pernik seperti kazo atau biskuit confetti dapat meningkatkan kemungkinan penularan virus dari tangan ke tangan.

Inokulasi, atau menggosok wajah, mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang kotor, masih menjadi perhatian besar untuk penyebaran COVID-19 di masyarakat, kata Dr. Gohil. Meskipun menyediakan pembersih tangan atau tempat cuci tangan bagi para tamu dapat membantu menurunkan risiko tersebut, kebersihan tangan mungkin akan hilang sepanjang malam bagi sebagian orang.

5. Berisiko bersentuhan

Semua permukaan di rumah dapat menampung virus menular, seperti gagang pintu, peralatan saji, dan bahkan permukaan lembut di kursi dan sejenisnya. Maka harus sering mendisinfeksi permukaan ini untuk memastikan tidak ada risiko bagi tamu, dan kebanyakan orang tidak melakukannya.

6. Ruang terbuka

Cobalah untuk menghindari keramaian, bahkan di udara terbuka. Dalam beberapa kasus, seperti di California, departemen kesehatan negara bagian dan lokal telah mengeluarkan pedoman keselamatan untuk pertemuan pribadi, bahkan yang diadakan di luar di halaman belakang, halaman rumput, beranda, atau jalan masuk.

 

 

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading