Sukses

Lifestyle

6 Tanda Memiliki Kondisi Mental yang Sehat dan Membuatmu Merasa Bahagia

Fimela.com, Jakarta Meskipun kita sering berbicara tentang kesehatan mental dan tanda-tanda dari memerangi kondisi kesehatan mental secara mendetail, tidak banyak kesadaran tentang seperti apa rasanya kesehatan mental tersebut. Kita perlu belajar untuk mengetahui tanda-tanda bahwa kita berada dalam kondisi mental yang baik yang mungkin sulit kita ketahui secara kasat mata. Berikut ini tanda-tanda bahwa dirimu berada dalam kondisi mental yang sehat yang membuatmu merasa bahagia.

Dirimu Membicarakan Tentang Apa yang Mengganggumu

Ya, alih-alih memendam emosi dan merenung selama berjam-jam, dirimu malah mulai menyuarakan pikiranmu. Membicarakan tentang apa yang mengganggu atau mengecewakanmu adalah cara yang sehat untuk mengatasi emosi yang tertekan dan menandakan bahwa dirimu berada dalam ruang mental yang baik.

Tetap Makan dengan Baik

Ketika dirimu memberi tubuh sejumlah nutrisi melalui diet seimbang yang kaya buah-buahan dan sayuran segar, dirimu secara tidak sengaja juga menjaga kesehatan mental. Jadi, jika dirimu mulai memperhatikan apa yang dirimu konsumsi dan menghindari junk food atau makanan olahan, ini jelas merupakan tanda sederhana tentang kondisi kesehatan mental. Sederhananya, memberi makan tubuh dengan makanan sehat akan menyehatkan pikiranmu juga.

Dirimu dapat Menetapkan Batasan

Ketika kita menetapkan batasan, kita sebenarnya menjaga kesehatan mental kita dengan mendefinisikan kebutuhan kita dan apa yang orang lain harapkan dari kita. Dengan cara ini, ketika dirimu tidak terus-menerus menggunakan energimu kepada orang lain, sebenarnya dirimu lebih mencintai diri sendiri. Ini berarti dirimu memiliki cukup waktu untuk diri sendiri, bahkan dirimu tidak mudah marah dan kesal dengan situasi ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan.

Berusaha Tetap Terhubung

Salah satu tanda bahwa dirimu berada dalam ruang mental yang baik adalah saat membalas pesan teks, menghadiri pertemuan dan bertemu teman dan keluarga sepertinya bukan tugas yang berat. Jadi, jika dirimu tidak lagi membatalkan rencana pada saat-saat terakhir dan benar-benar menikmati tetap berhubungan dengan teman-teman, itu pertanda baik.

Melakukan Perawatan Diri

Baik itu mandi busa dalam waktu lama, menyusun jadwal tidur yang teratur, memakai masker wajah, atau bahkan meluangkan waktu untuk menonton film favorit, perawatan diri mungkin terlihat berbeda untuk orang yang berbeda. Intinya adalah jika dirimu secara aktif meluangkan waktu untuk memastikan bahwa dirimu terlihat baik dan merasa baik, dirimu berada di jalan yang benar.

Menerima Diri Apa Adanya

Adalah hal yang umum saat dirimu mungkin berkelahi dengan pikiran dan mengkritik diri sendiri untuk hal-hal yang bahkan tidak dirimu kendalikan. Di sisi lain, ketika dirimu merasa baik-baik saja dan menghargai tubuhmu untuk hal-hal kecil yang dirimu lakukan. Dirimu akan merasa bangga dengan pencapaianmu, tidak peduli betapa kecilnya pencapaian tersebut dan juga berusaha meningkatkan diri sendiri.

Ketika dirimu memiliki kondisi mental yang lebih baik, ini secara otomatis dapat memengaruhi dirimu secara keseluruhan. Dirimu pasti akan merasa bahagia dan berpikir positif untuk semua hal.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading