Studi Membuktikan, Ibu yang Melahirkan Anak Seperti Ini Hidupnya Panjang Umur

Febi Anindya Kirana19 Jan 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 16:15 WIB
ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Jika ingin hidup panjang umur, banyak orang pasti akan berpikir cara paling memungkinkan adalah dengan menjaga gaya hidup sehat. Tidak banyak yang tahu bahwa hidup panjang umur juga bisa dintentukan dari seperti apa dirimu menjadi ibu.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society menemukan bahwa perempuan yang melahirkan anak kembar ternyata memiliki kemungkinan menjalani hidup panjang umur dibandingkan ibu pada umumnya yang melahirkan satu anak saat melahirkan.

Ibu dengan Anak Kembar Berpotensi Hidup Panjang Umur

cinta ibu dan anak kembar
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/vladmax

Alasannya cukup sederhana, ibu yang melahirkan anak kembar ternyata lebih kuat secara fisik dibandingkan ibu pda umumnya sehingga mereka akan hidup lebih lama.

Peneliti Shannen Robson from the University of Utah mengatakan bahwa hasil ini cukup mengejutkan. "Kami mengira sebaliknya, karena manusia secara umum hanya melahirkan satu anak, ibu yang melahirkan anak kembar terkesan sangat berat menjalani hidup sehingga memiliki risiko kematian lebih tinggi."

Tapi nyatanya, penelitian yang melakukan survei terhadap ibu-ibu yang melahirkan anak-anak di tahun 1800an menemukan bahwa usia ibu yang melahirkan anak kembar ternyata lebih lama dibandingkan ibu yang hanya melahirkan satu anak saat melahirkan. Ibu yang melahirkan kembar memiliki potensi panjang umur 1,9 hingga 2,3 kali lipat lebih tinggi dibanding ibu pada umumnya.

Wah, bersyukurlah Moms jika kamu termasuk ibu yang melahirkan anak kembar karena kemungkinan kamu akan menjalani hidup panjang umur.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela