Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Minum Jus Seledri untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Tertarik untuk mencoba minum jus seledri secara rutin? Jus seledri merupakan salah satu jenis jus sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Secara umum, ada empat manfaat minunm jus seledri untuk kesehatan. Melansir laman insider.com, jus seledri menjadi tren terbaru di dunia kesehatan karena diyakini bisa mencegah kanker, menyembuhkan jerawat, dan membantu menurunkan berat badan. Minum jus seledri bisa memberikan manfaat berikut ini untuk kesehatan.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Esensial

Marissa Epstein, RDN, MBA, direktur University of Texas at Austin Nutrition Institute mengatakan bahwa seledri kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Satu gelas jus seledri mengandung banyak nutrisi esensial, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Selain itu, jus seledri juga mengandung fosfor, sodium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan vitamin K. Disarankan untuk memasukkan batang beserta daunnya saat membuat jus seledri.

2. Mencegah Perkembangan Sel-Sel Kanker

Menurut sebuah ulasan pada tahun 2008, seperti yang dilansir dari laman ncbi.nlm.nih.gov, di dalam seledri ada luteolin yang dapat membantu memperlambat perkembangan sel-sel kanker karena kandungan anti inflamasinya. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pada penelitian ini dilakukan di laboratorium sel dan hasilnya mungkin tidak berlaku pada manusia.

 

3. Mencegah Dehidrasi

Karena seledri mengandung sekitar 95% air dan mengandung elektrolit, minum jus seledri bisa membantu mencegah dehidrasi. Saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka tubuh bisa berfungsi dengan baik dan meningkatkan kualitas tidur, kognisi, dan suasana hati. Selain itu, elektrolit seperti sodium, kalsium, dan kalium membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh. Serta bisa menstimulasi kontraksi otot untuk menjaga detak jantung dan pergerakan otot.

4. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Karena jus seledri rendah kandungan gulanya, maka minuman ini bisa menjadi alternatif yang lebih sehat daripada jus jeruk atau jus apel. Misalnya, satu gelas jus seledri mengandung 3,16 gram gula alami dibandingkan 24 gram pada jus jeruk dan 28 gram di jus apel. Minum jus seledri bisa mencegah kenaikan berat badan. Menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Jus seledri memang bukan minuman "ajaib" yang bisa menyembuhkan segala penyakit atau mencegah semua penyakit. Tapi jus seledri bisa menjadi salah satu alternatif minuman sehat yang bisa dikonsumsi rutin untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading