9 Penyebab Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari, Beserta Gejala dan Pantangannya

Imelda Rahma09 Feb 2021, 10:04 WIB
Diperbarui 09 Feb 2021, 10:15 WIB
Asam lambung

Fimela.com, Jakarta Salah satu penyakit yang mudah menyerang tubuh manusia ialah penyakit asam lambung akibat asam lambung yang naik. Penyakit dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) ditandai dengan munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung biasanya muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Seseorang yang memiliki penyakit asam lambung tentu harus lebih bijak serta selektif untuk memilih makanan. Jika asam lambung naik atau sedang kambuh, maka akan dapat menyebabkan mulut terasa pahit atau asam. Agar penyakit asam lambung ini tidak semakin parah dan mudah kambuh, maka penting untuk mengetahui penyebab asam lambung tinggi agar lebih menjaga pola makan.

Selain penyebab asam lambung yang penting untuk diketahui, gejala hingga pengobatan makanan yang harus dihindari juga harus menjadi perhatian dan diindahkan oleh penderita asam lambung. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com telah merangkum  penyebab asam lambung naik beserta gejala dan pantangannya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Asam Lambung Naik

Penyebab Asam Lambung Naik
Penyebab Asam Lambung Naik Credit: pexels.com/Raw

Penyakit asam lambung umumnya disebabkan oleh mulai melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES). Otot ini berbentuk seperti cincin yang dapat membuka dan menutup saluran kerongkongan.

Pada saat makan, otot LES akan mengendur sehingga makanan dapat masuk dari kerongkongan ke dalam lambung. Setelah makanan turun ke lambung, otot LES akan menegang dan menutup.

Pada penderita GERD, otot LES ini akan melemah sehingga tidak dapat menutup sempurna. Akibatnya, isi lambung dan asam lambung akan naik ke kerongkongan. Kondisi ini juga akan lebih berisiko jika terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

Beberapa penyebab asam lambung tinggi pada umumnya meliputi :

  1. Seseorang yang tengah menjalani diet ketat rentang menderita asam lambung. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh akan membuat produksi asam lambung terganggu.
  2. Kekurangan vitamin dan mineral rentan terhadap gangguan asam lambung. Vitamin dan mineral penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman.
  3. Gangguan emosi seperti stres bisa menjadi salah satu penyebab asam lambung. Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.
  4. Mengonsumsi alkohol menjadi penyebab asam lambung selanjutnya yang harus diwaspadai. Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.
  5. Waktu makan yang tidak teratur. Hal tersebut kerap diabaikan oleh setiap orang sehingga menyebabkan asam lambung. Orang yang makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.
  6. Istirahat tidak teratur dapat menjadi potensi yang berat untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.
  7. Konsumsi kafein yang berlebihan, seperti kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan.
  8. Konsumsi makanan yang mengandung serat berlebihan. Serat dapat menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan dan hal ini akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.
  9. Konsumsi makanan terlalu pedas merupakan penyebab asam lambung selanjutnya yang perlu diwaspadai. Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung namun jumlah tersebut tidak memiliki manfaat yang baik karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala Asam Lambung Naik
Ilustrasi Gejala Asam Lambung Naik Credit: pexels.com/hun

Penyebab asam lambung tinggi memang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Hal yang paling penting selain mengetahui penyebabnya adalah kita mengetahui gejala yang ditimbulkan terlebih dahulu.

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Keluhan heartburn pada penderita asam lambung akan dirasakan paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Beberapa gejala yang harus diperhatikan pada orang yang menderita asam lambung tinggi meliputi :

1. Rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti nyeri, kembung dan panas.

2. Sering bersendawa.

3. Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual dan muntah.

4. Nafsu makan yang turun karena perut selalu merasa kenyang.

5. Perut terasa lapar tapi tidak nyaman bila makan.

6. Tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit.

Pantangan saat Asam Lambung Naik

Pantangan saat Asam Lambung Naik
Ilustrasi Asam Lambung Naik Credit: pexels.com/Raw

Setelah kita mengetahui penyebab asam lambung tinggi serta gejala yang harus kita waspadai, berikutnya tak kalah penting adalah beberapa pantangan yang harus dihindari. Terdapat beberapa makanan yang menjadi pantangan dan dapat menjadi penyebab asam lambung tinggi meliputi :

- Makanan dengan Kandungan Lemak Tinggi

- Makanan pedas

- Makanan asam

- Cokelat

- Soda

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021