Sukses

Food

Resep Roti Karamel Sarang Semut Kukus Takaran Sendok

0(0)

Waktu Pembuatan60 Menit
Jumlah Porsi1 Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Jika datang ke suatu acara dan disuguhi berbagai macam roti, kemungkinan kamu akan menemukan salah satu jenis roti yang disebut roti karamel atau sering juga disebut roti sarang semut. Rasanya yang manis legit dengan tekstur bersarang menjadi ciri khas roti sarang semut.

 

Baca juga:

 

Roti sarang semut sebenarnya sangat mudah dibuat sendiri di rumah, bahkan tidak perlu oven. Sarang semut bisa dibuat cukup bermodalkan kukusan dan menggunakan takaran sendok. Ini dia resep sarang semut kukus yang enak dan manisnya pas.

Bahan karamel:

  • 250 ml air panas
  • 10 sdm gula pasir
  • 7,5 sdm margarin

Bahan tepung:

  • 7 sdm tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda

Bahan telur:

  • 3 butir telur suhu ruang
  • 2 sdm kental manis
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat:

  1. Siapkan teflon anti lengket, masukkan gula pasir ke dalamnya. Panaskan dan biarkan hingga gula meleleh. Jangan diaduk saat menunggu gula meleleh, biarkan meleleh dengan sendirinya.
  2. Tuang air panas perlahan agar tidak memercikkan gula. Aduk-sesekali hingga tercampur merata dengan gula. Masukkan margarin, aduk rata hingga meleleh. Angkat.
  3. Kocok telur dan vanili dalam mangkuk hingga berbusa putih menggunakan pengocok telur. Masukkan kental manis, aduk lagi hingga merata. Masukkan karamel ke dalam kocokan telur, aduk rata.
  4. Campurkan semua bahan tepung, ayak agar tidak ada yang menggumpal. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam bahan karamel telur. Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal dan bergerindil.
  5. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan kain agar uap airnya tidak menetes. Siapkan loyang, oles dengan maragin tipis saja.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, hentakkan agar permukaannya merata. Masukkan ke dalam kukusan dan kukus selama 35-40 menit. Tes dengan tusuk gigi atau lidi, jika sudah tidak ada yang menempel berarti roti sudah matang. Angkat.
  7. Biarkan hingga lumayan dingin. Angkat dan keluarkan roti sarang semut dari loyang.

Potong-potong roti karamel atau sarang semut yang manis dan berwarna cokelat yang cantik. Coba di rumah yuk!

 

Baca juga:

 

#ElevateWoman with Fimela

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading