Seberapa Penting Gaji Istri untuk Suami? Penelitian Membuktikan Seperti Ini

Febi Anindya Kirana17 Feb 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 17 Feb 2021, 15:45 WIB
pasangan menikah

Fimela.com, Jakarta Pertanyaan ini mungkin muncul dalam benak banyak orang ketika memutuskan menikah. Baik dari pihak perempuan maupun laki-laki, uang selalu menjadi topik pembahasan yang sensitif apalagi jika dikaitkan dengan pernikahan. Tak jarang, karena beda penghasilan dengan pasangan, seseorang tak jadi menikah.

Lalu sepenting apa sebenarnya gaji istri di mata suami? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam SAGE Journals, Society for Personality and Social Psychology menemukan bahwa di dalam pernikahan yang terdiri dari suami dan istri, suami akan lebih bahagia ketika ia dan istrinya sama-sama berkontribusi secara finansial, tetapi lebih bahagia ketika menjadi pencari nafkah utama.

Dengan kata lain, pria tak masalah jika istrinya bekerja dan memiliki penghasilan, apalagi jika itu memang bisa membantu perekonomian keluarga. Tapi pria menganggap, akan lebih baik jika penghasilan istri tidak lebih banyak dari penghasilannya.

Suami ingin gaji istri tidak lebih besar darinya

pasangan menikah
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Penelitian yang dilakukan oleh Joanna Syrda terhadap lebih dari 6.000 pasangan yang sudah menikah ini juga menemukan bahwa tingkat stres suami akan lebih tinggi ketika gaji istri lebih besar darinya, dan bahkan meningkat tajam ketika ia bergantung sepenuhnya pada penghasilan istri.

Tingkat stres pada pria ini dihitung berdasarkan perasaan sedih, gugup, gelisah, putus asa, tidak berharga, tidak berdaya atau tidak berguna karena harus berusaha hidup layak dari hari ke hari. Penelitian ini merupakan pengecualian bagi pria yang memang secara sadar memilih perempuan bergaji besar sebagai istrinya karena kemungkinan besar ia tak merasakan tekanan psikologis gaji istri lebih besar dari gajinya sendiri.

Sepenting tulah gaji istri di mata suami. Akan selalu ada kebanggaan tersendiri atau harga diri yang tinggi bagi seorang pria atau suami memiliki penghasilan lebih besar dari istri di dalam sebuah pernikahan.

Jadi sebisa mungkin bicarakan hal ini sebelum menikah agar tidak ada kesenjangan yang terjadi setelah menikah ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela