Sukses

Lifestyle

5 Altlet Perempuan Disabilitas yang Berhasil Mengukir Prestasi

Fimela.com, Jakarta Paralimpiade sebuah pertandingan olahraga dengan berbagai nomor untuk atlet yang mengalami keterbatasan fisik, mental dan sensoral. Hal ini termasuk dalam ketidakmampuan dalam mobilitas, terbatas karena amputasi, gangguan penglihatan dan mereka yang menderita Cerebral Palsy. Sejarah Paralimpiade selalu melibatkan perempuan yang menglami disabilitas.

Acara Paralimpiade pertama, yang diadakan pada tahun 1948 pada hari yang sama dengan upacara pembukaan Olimpiade arus utama, melibatkan pria dan wanita, semuanya berkursi roda untuk berkompetisi dalam panahan. Ada atlet Paralimpiade wanita yang mulai memenangkan emas pada usia 13 tahun. Pada dasarnya, jika kita berbicara tentang kesetaraan gender, kemampuan atlet perempuan tidak dapat diragukan lagi.

Dilansir bustle.com, 5 atlet perempuan disabilitas yang mengukir prestasi.

Yu Chui Yee

Yu Chui Yee, lahir di Hong Kong, lebih dikenal sebagai Alison, dan dia adalah salah satu Paralimpiade paling elit yang pernah diproduksi China, dengan spesialisasi dalam pagar kursi roda. Setelah selamat dari kanker tulang pada usia 13 tahun dengan kaki yang diamputasi sebagian, dia telah mengambil alih olahraga ini selama bertahun-tahun, mengumpulkan tujuh medali emas di berbagai Paralimpiade, ditambah beberapa perak dan perunggu hanya untuk sedikit variasi.

Seperti halnya Paralimpiade lainnya, dia awalnya berlatih di olahraga lain sepenuhnya, sebelum dia terpikat ke anggar dan ingin menjadi salah satu harapan besar untuk kampanye Paralimpiade China.

Ellie Simmonds

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ellie Simmonds (@elliesimmonds)

 

Ellie mulai berprestasi sejak berumur 13 tahun. Dia memenangkan medali emas di Paralimpiade 2008. Simmonds, yang memiliki achondroplasia dwarfism, muncul di awal masa remajanya untuk mendominasi renang, di mana dia berspesialisasi dalam sprint pendek dan dengan santai mencetak rekor dunia.

Simmonds adalah nama daerah di Inggris Raya, tempat ia dilahirkan, terutama karena ia berenang mengelilingi kompetisi di Paralimpiade London 2012, dengan membawa dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Dia berhasil memecahkan delapan rekor dunia sebelum dia berusia 18, dan akan tetap membuat keajaiban.

Terezinha Guilhermina

 

Terezinha Guilhermina dapat berlari 100 m dalam 12 detik, dan membutuhkan pemandu, Usain Bolt untuk melakukannya karena ia buta. Dia salah satu Paralimpiade paling terkenal yang hidup karena suatu alasan. Pemain Brasil itu memenangkan petak medali emas, dan sepuluh medali emas Kejuaraan Dunia juga, dan telah mendominasi olahraganya selama satu dekade penuh. Dan dia cenderung menghias penutup matanya dengan desain hiasan sehingga dia menonjol di pertandingan yang selalu ia menangkan.

Guilhermina dibesarkan di rumah tangga yang miskin, dan hanya menjadi atlet ketika saudara perempuannya mengizinkannya meminjam sepatu ketsnya untuk acara lari, karena keluarganya tidak mampu membeli dua pasang sepatu.

Zahra Nemati

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ZAHRA NEMATI (@zahra_nemati_ir)

 

Zahra Nemati bukan hanya seorang atlet yang luar biasa melainkan dia mewakili momen bersejarah bagi negaranya. Ketika dia memenangkan medali emas dalam panahan wanita dari kursi rodanya di London 2012, dia menjadi wanita Iran pertama (Olympian atau Paralympic) yang memenangkan medali emas.

Masa lalunya berbeda. Sebelum kecelakaan mobil yang melumpuhkannya, Nemati pernah menjadi sabuk hitam kejuaraan taekwondo, namun cedera tulang punggung memaksanya untuk mengubah arah. Hanya enam bulan setelah mengambil olahraga, dia mendapatkan perunggu di Kejuaraan Nasional melawan pemanah berbadan sehat.

Melissa Stockwell

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Melissa Stockwell (@mstockwell01)

Melissa Stockwell membuat namanya di berita jauh sebelum karir Paralimpiade dimulai. Dia adalah tentara wanita Amerika pertama yang kehilangan anggota tubuh dalam konflik Irak. Kaki kirinya diamputasi setelah sebuah bom meledak di bawah Humvee-nya saat dia melakukan perjalanan melalui Baghdad pada tahun 2004. Sejak itu Stockwell membuat namanya menjadi seorang Paralympic, bukan hanya dalam satu tetapi tiga cabang olahraga. Itu salah satu comeback yang luar biasa.

Awalnya, Stockwell, yang merupakan seorang pesenam saat kecil, fokus pada renang , tetapi sejak itu dia menjadi atlet triatlon, menggabungkan renang, bersepeda, dan lari.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

 

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading