Sukses

Lifestyle

Jaga Berat Badan Ideal dengan 7 Jenis Sayuran Bernutrisi

Fimela.com, Jakarta Sayuran adalah asupan makanan yang baik untuk tubuh. Sebagian besar sayuran rendah kalori, dan semuanya menawarkan serat yang mengenyangkan. Tak hanya itu, jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, sayuran dapat membantu mengurangi dorongan untuk ngemil dan berat badal ideal dapat terjaga. 

"Kandungan air pada sayuran meningkatkan volume makanan," kata Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc, dari Toronto. Ini membantu membuat tubuh kenyang lebih lama. Tetapi masih banyak kandungan baik dari sayuran yang lain .

Dilansir dari foodnetwork.com, berikut 7 sayuran yang bagus untuk dikonsumsi dan membantu berat badan ideal.

Bayam

"Selain rendah kalori, bayam mengemas pukulan nutrisi dan serbaguna untuk digunakan dalam semua jenis resep," kata Devje. Seperti sayuran hijau lainnya, bayam dianggap sebagai sayuran pembangkit tenaga. Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS yang mengatakan hal ini terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis - termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Nikmati sayur bayam dalam smoothie hijau yang sehat, sajian menu salad kacang lupini atau salad Mason-jar.

Brokoli

Ini adalah salah satu sayuran favorit karena keserbagunaannya," kata Marisa Moore, MBA, RDN, ahli diet kuliner di Atlanta. "

Ini juga cara yang bagus untuk menambah serat ekstra. Memanggang brokoli yang dicampur dengan minyak zaitun extra-virgin dan rempah-rempah, bisa dihidangkan sebagai lauk atau menjadikannya bagian dari makanan utama dengan menambahkan ke pasta. 

Menu kembang kol panggang dan brokoli, selada, kubis brokoli yang sehat atau daging sapi dengan brokoli bisa jadi pilihan lezat. Berat badan ideal pun tetap terjaga.

Labu Oranye

Nikmati labu dengan segala khasiatnya. Berfungsi sebagai asupan rendah kalori yang ideal setara dengan spageti konvensional. Secangkir labu yang dimasak hanya mengandung 42 kalori, menurut Devje, Database Nutrisi USDA.

"Labu juga rendah lemak dan menyediakan serat untuk membantu tubuh tetap kenyang lebih lama," katanya. Tambahkan sayuran ke dalam spaghetti squash ayam, marinara spaghetti squash, atau spaghetti squash isi kari kacang arab.

 

Bunga Kol

Sayuran ini hanya mengandung 27 kalori per cangkir, menurut Database Nutrisi Nasional USDA. "Sayuran ini dapat memberikan serat, untuk membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang," kata Devje.

Kembang kol juga bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah natrium. Siapkan nasi kembang kol yang sehat, taco kembang kol, atau sup kembang kol wortel.

Brussels Sprout membuat tubuh merasa cepat kenyang dan tetap kenyang untuk sementara waktu," kata Amy Goodson, MS, RD, CSSD, ahli diet di Dallas.

Secangkir kubis Brussel hanya memiliki 38 kalori, menurut Database Nutrisi Nasional USDA. Siapkan kubis Brussel panggang, kubis Brussel dengan glasir madu anggur, atau tumis kubis Brussel parut.

Kacang polong hijau

Dengan hampir 9 gram serat per cangkir, kacang polong dapat membantu tubuh memenuhi tujuan serat dan merasa kenyang dengan mudah. Kacang polong hijau juga dapat menambahkan warna cerah pada sajian sup. Sebagai opsi lain, haluskan menjadi pesto kacang polong, atau cukup nikmati sebagai pendamping yang diberi minyak zaitun, lemon, garam dan merica.

Kamu juga bisa menambahkan kacang polong dalam menu nasi goreng yang sehat.

 

Ubi

"Dengan sedikit lebih banyak serat daripada kentang putih, ubi jalar memiliki rasa manis yang memuaskan yang cocok dengan makanan seperti kangkung dan kacang hitam," kata Moore.

"Cara favorit saya untuk menikmati ubi jalar adalah dengan memanggangnya, dengan kulitnya masih menempel." Bagaimanapun, kulit adalah tempat duduk sejumlah besar serat pengisi sayuran. Kamu juga bisa memasak pizza kerak ubi jalar.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading