Sukses

Lifestyle

5 Cara Sehat Bermain Ponsel sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang menggunakan ponsel mereka hingga waktunya tidur, kamu mungkin salah satunya. Bahkan banyak orang tetap menggunakan ponsel mereka di tempat tidur.

Menurut sebuah studi di tahun 2019 oleh Common Sense Media, 61% orang tua menggunakan ponsel mereka dalam waktu setengah jam sebelum tidur dan sekitar 70% anak-anak memeriksa ponsel mereka dalam rentang waktu tersebut. Rafael Pelayo, seorang spesialis tidur di Stanford Health Care mengatakan bahwa menggunakan ponsel sebelum tidur memang dapat membuatmu terjaga di malam hari, namun sebenarnya jenis konten yang dikonsumsilah yang memengaruhi kualitas istirahat baik atau buruk.

Berikut ini adalah cara yang lebih sehat untuk bermain ponsel sebelum tidur, agar kualitas istirahat tidak berkurang, seperti dilansir dari huffpost.com. Penasaran?

1. Memeriksa pemberitahuan

Kamu boleh memeriksa ramalan cuaca untuk besok, mengajukan pertanyaan kepada seorang teman, atau memilih olahraga yang ingin kamu lakukan di pagi hari. Apapun yang kamu lakukan, jangan memeriksa hal-hal yang akan membuatmu stres, entah berita atau email.

2. Mengubah warna layar ponsel

Ubah warna layar ponsel menjadi lebih hangat di sekitar waktu tidur. Secara khusus, cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel dapat memiliki efek peringatan fisiologis yang sama dengan matahari pada tubuh dan otak.

 

3. Berhati-hati dengan media sosial

Meskipun sebenarnya tidak buruk memeriksa Twitter atau Instagram sebelum tidur, para pakar menekankan bahwa penggunaan media sosial sebelum tidur dapat menyebabkan kamu gelisah di malam hari. Salah satu hal tersulitnya adalah mengendalikan diri. Jika kamu masih memeriksa media sosial sebelum tidur, cobalah cari akun tertentu yang akan membuatmu lebih tenang.

4. Mencoba aplikasi meditasi

Menggunakan ponsel di tempat tidur boleh dilakukan. Banyak orang menggunakan aplikasi meditasi sebagai cara untuk tidur.

5. Mengatur alarm waktu tidur

Manfaatkan fungsi jam alarm di ponselmu. Dengan begitu, jika kamu kesulitan tidur atau tidak sadar saat bermain media sosial, alarm tersebut bisa menjadi pengingat.

Secara keseluruhan, sebenarnya ponsel bisa menjadi alat untuk meningkatkan ketenangan. Ketika digunakan dengan cara yang benar, ponsel bisa menjadi alat yang berguna sebelum tidur.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading