Sukses

Lifestyle

5 Cara Mandiri untuk Menjaga dan Meningkatkan Produktivitas Kerja

Fimela.com, Jakarta Rutinitas bekerja memang kadang sangat meleahkan. Baik bekerja di kantor, bekerja di rumah, atau sedang menjalani rutinitas bekerja dari rumah karena situasi pandemi, menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja kadang bisa jadi tantangan yang cukup berat. Seringkali kita terlalu menggantungkan diri pada hal-hal yang lebih eksternal untuk meningkatkan produktivitas kerja, seperti dukungan dari rekan-rekan kerja. Tapi penting bagi kita untuk lebih mandiri dalam menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja ini demi kebaikan kita sendiri.

Di tengah banyak tekanan, tenggat pekerjaan, dan berbagai hal yang harus dikerjakan dalam waktu yang hampir bersamaan, kadang sulit bagi kita untuk menjaga fokus kerja. Saat sudah kehilangan kemampuan untuk fokus, maka akan makin sulit untuk tetap produktif. Namun, tak perlu berkecil hati. Ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba untuk meningkatakan produktivitas kerja dengan cara yang lebih mandiri.

1. Menciptakan Ritual Sendiri

Setidaknya buat sebuah ritual pembuka untuk setiap hal yang ingin diselesaikan pada satu waktu. Misalnya, ritual menyiapkan secangkir kopi hangat sebelum mulai bekerja. Atau kalau merasa lebih bersemangat bekerja dengan mendengarkan musik, maka putar satu musik favorit sebagai tanda start untuk bekerja. Ketika motivasi kerja sedang turun, mengikuti dan memiliki ritual ini bisa cukup efektif untuk membangkitkan semangat kembali. Sebuah ritual atau rutinitas sederhana bisa jadi semacam tombol ON yang membuat kita bisa langsung tergerak untuk langsung bekerja.

2. Fokus di Satu Prioritas pada Satu Waktu

Melansir buku A Company of One, sebuah penelitian dari Microsoft Research menemukan bahwa fokus di lebih dari satu prioritas pada satu waktu bisa mengurangi produktivitas sebanyak 40%, yang secara kognitif setara dengan begadang semalaman. Penelitian yang dilakukan oleh Hewlett-Packard menemukan bahwa IQ karyawan yang terinterupsi oleh surel, panggilan telepon, dan pesan berkurang sebanyak lebih dari sepuluh poin. Kalau merasa multitasking terlalu melelahkan dan bikin kita kewalahan, maka coba untuk bagi waktu yang ada dengan melakukan satu prioritas atau satu tugas pada satu kurun waktu tertentu.

 

3. Kondisikan Situasi Minim Distraksi

Menjaga konsentrasi adalah salah satu kunci penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Upayakan untuk mengatur atau menata situasi kerja yang minim distraksi. Gloria Mark, seorang profesor di Department of Informatics di University of California menemukan bahwa untuk setiap interupsi, butuh waktu rata-rata 23 menit dan 15 detik untuk kembali fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Bayangkan bila dalam bekerja kita mendapat banyak interupsi, maka kita akan butuh waktu lebih lama untuk bisa kembali bekerja. Maka, mengatur situasi dan lingkungan kerja yang minim distraksi akan sangat efektif untuk menjaga produktivitas kerja kita. 

4. Buat Jadwal untuk Jeda Istirahat

Menjaga produktivitas perlu diimbangi dengan menjadwalkan waktu untuk istirahat. Sebab tanpa istirahat yang cukup, kita hanya akan makin stres saat bekerja. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Contohnya, bagi yang sehari-hari bekerja di depan komputer atau laptop, coba untuk tiap 30 menit sekali, berdiri dan berjalan-jalan sejenak selama 5 menit untuk memperlancar aliran darah dan tidak mudah jenuh. Atur juga jadwal kapan waktu untuk makan siang atau menikmati waktu istirahat di antara jam kerja.

5. Miliki Jurnal atau Buku Catatan

Monitor rutinitas kerja kita dengan memiliki jurnal atau buku catatan. Kita bisa membuat jadwal harian, mingguan, atau bulanan Bisa juga mencatat setiap deadline yang ada dan target-target yang perlu dipenuhi. Kalau ada project besar, bagi jadi beberapa bagian dan atur waktu untuk menyelesaikannya secara bertahap. 

Tetap semangat bekerja, ya. Menjaga dan meningkatkan produktivitas bekerja mungkin tak selalu mudah, tapi kita bisa selalu melakukan upaya terbaik untuk bisa bekerja dengan baik.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading