Sukses

Lifestyle

Wirjawan, Lansia Berusia 104 Tahun yang Jadi Peserta Vaksin COVID-19 Tertua di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Wirjawan Hardjamulia asal Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu peserta vaksin COVID-19 tertua di Indonesia. Usianya yang masuk ke 104 tahun tidak membuatnya takut mengikuti program vaksinasi COVID-19.

Wirjawan mendapatkan vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Vania pada Selasa (23/3/2020) dengan nomor antrean 19. Di antar anak ketiga Indri yang berusia 72 tahun, Wirjawan tergolong sehat untuk mendapat vaksin COVID-19. Meski ia membutuhkan tongkat besi untuk membantunya berjalan.

Awalnya, Indri bersama saudara-saudara berpikir bawah sang ayah tidak perlu mendapatkan vaksin COVID-19 mengingat usia sang ayah yang sudah sangat tua. Namun melihat Wirjawan yang selalu optimis dan tidak takut, Indri memutuskan untuk mendampingi sang ayah untuk divaksin agar tetap sehat melawan virus.

 

Rahasia sehat di usia senja

Memiliki tubuh yang sehat di usia lebih dari 100 tahun, rupanya Wirjawan banyak menerapkan pola hidup sehat. Dimulai dari pemikiran yang positif, menerapkan pola makan yang teratur, aktivitas dan olahraga teratur serta terus berdoa dan bersyukur pada Tuhan.

Indri menuturkan sang ayah selalu minum air hangat, susu, sarapan, makan telur rebus, serta membaca dan olahraga jalan sebagai rutinitas di pagi hari. Wirjawan pun dinilai sangat disiplin dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Optimisme dan keberanian Wirjawan menjalani vaksinasi COVID-19 diharapkan menjadi contoh serta motivasi bagi masyarakat. Terutama lansia yang cukup rentan terserang virus.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading