Sukses

Lifestyle

4 Tips Menghilangkan Stres saat Bekerja dari Rumah Selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Selama pandemi ini banyak hal yang berubah dalam kehidupan sehari-hari, karena harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan masyarakat, termasuk dalam pekerjaan. Sebagian kantor misalnya memberlakukan sistem kerja jarak jauh untuk memperkecil penularan virus dan untuk menjaga keselamatan tenaga kerja.

Namun, bekerja dari rumah memang tak selalu mudah bagi sebagian orang, misalnya karena kondisi rumah yang kurang kondusif atau jadi harus bisa membagi waktu antara pekerjaan rumah dan urusan kantor. Dan hal ini tak sedikit membuat beberapa orang yang merasakan stres selama bekerja dari rumah.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi stres selama bekerja dari rumah. Langsung saja, simak ulasan berikut ini.

Membuat Batasan yang Jelas

Memiliki ruang kantor terpisah dari keluarga akan dapat membantu selama bekerja dari rumah. Jika tidak memiliki ruang khusus di rumah, pergilah ke perpustakaan atau kafe setempat untuk membuat batasan antara kantor dan rumah, hal ini bisa sangat bermanfaat.

Hal ini juga akan membantumu memiliki ruang dan waktu kerja yang jelas. Setelah selesai bekerja untuk hari itu, jangan mengerjakan pekerjaan atau urusan kantor ke dalam rumah.

Diskusikan Masalah dengan Atasan

Jika merasa beban kerja terlalu banyak, bicarakanlah dengan atasanmu. Menggunakan Zoom atau FaceTime sebagai sarana untuk bertatap muka memiliki manfaat yang dapat membuatmu merasa lebih dekat dengan orang tersebut, mereka juga dapat terhubung lebih dekat denganmu.

Ini memberi kesempatan kepada atasan untuk melihat secara jelas apakah stres atau masalah memengaruhimu.

Ambillah Liburan

Sebagai seorang yang bekerja dari rumah, dirimu mungkin tergoda untuk membawa laptop saat liburan agar tetap dapat memantau saat bekerja. Banyak pekerja kantor tidak akan melakukan ini, jadi dirimu juga tidak perlu melakukannya.

Ketika memiliki hari libur, pastikan itu hari libur dan memutuskan hubungan diri sementara waktu dengan urusan pekerjaan.

Luangkan Waktu untuk Interaksi Sosial

Terlepas dari apakah itu rekan kerja atau bukan, menghabiskan waktu bersama orang-orang secara offline itu penting. Aturlah beberapa pertemuan dengan teman-temanmu pada akhir minggu atau pada malam hari setelah selesai bekerja.

Atau lakukan suatu kegiatan saat berada di luar rumah dan berinteraksilah dengan orang lain. Hal ini terbukti bisa mengurangi rasa kesepian atau stres selama bekerja dari rumah.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan selama bekerja dari rumah agar terhindar dari stres. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading