Sukses

Lifestyle

6 Alasan Mengapa Seseorang Lebih Mudah Merasa Sedih dan Menangis Tanpa Sebab

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mudah menangis lebih dari yang lain dan itu baik-baik saja. Faktanya, menangis itu bagus karena merupakan pereda stres alami. Jadi, seseorang yang menangis mungkin sebenarnya lebih baik daripada seseorang yang tidak menangis. Tetap saja, itu tidak menghentikan siapa pun untuk bertanya mengapa, terkadang, mereka menangis tanpa alasan tertentu. Seringkali, air mata mengalir tanpa alasan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita terkadang menangis tanpa sebab.

1. Stres dan Cemas

Seringkali, stres sehari-hari, seperti yang berkaitan dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi, dapat masuk ke dalam sistem pikiranmu sehingga dirimu mungkin tidak menyadari bahwa dirimu secara emosional sedang rusak pada tingkat sadar. Jadi, jika dirimu menemukan diri mencari sudut untuk melampiaskannya, tidak apa-apa karena tubuhmu baru saja melepaskan ketegangan yang terpendam.

2. PMS

Dirimu mungkin menjadi sangat murung jika menstruasi akan segera datang. Menstruasi memengaruhi hormon dan hal itu menyebabkan perubahan suasana hati dengan cepat, bahkan mungkin menyebabkan dirimu mudah menangis.

3. Kekurangan Vitamin B12

Nah, ini menarik karena ini adalah kondisi fisik yang berdampak pada mental. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan air mata, lekas marah, kebingungan, selain banyak dampak fisik lainnya juga. Demikian pula, hipoglikemia serta hipotiroidisme dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang lebih cepat.

4. Biarkan Dirimu Menangis

Ketika seseorang menangis, dia hanya ingin berhenti menangis. Ini karena kita sering tidak melihat tangisan sebagai emosi yang sangat positif. Kita benar-benar perlu mengatasi ini dan melihatnya lagi karena itu adalah mekanisme reaksi alami tubuhmu.

5. Menangis Menyeimbangkan Emosimu

Banyak yang percaya bahwa menangis adalah cara yang sangat sehat untuk menyeimbangkan emosmu. Menangis mengaktifkan tubuh seseorang dengan cara yang sehat. Dia menyebutnya proses membuka diri. Saat dirimu menangis, dirimu melepaskan stres dan karenanya, mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

6. Jika Menangis Tanpa Alasan

Menangis ketika dirimu mengalami hari yang berat atau menangis tanpa alasan sekali dalam satu atau dua bulan tidak apa-apa. Tetapi, jika dirimu menemukan diri menangis tentang apa-apa sesekali, seperti setiap hari menangis, ada lebih dari sekedar masalah sehari-hari. Bisa berupa kecemasan klinis, depresi, gangguan afektif musiman, atau bahkan depresi pascapersalinan jika Sahabat Fimela baru saja melahirkan. Dalam kasus seperti itu, dirimu harus mencari bantuan medis.

Nah, berikut tadi adalah beberapa alasan mengapa dirimu terkadang merasa sedih dan menangis tanpa sebab. Menangislah jika itu bisa melegakan perasaanmu. Tetapi ada baiknya untuk melakukan aktivitas yang aktif agar beberapa hormone dalam tubuh tetap seimbang.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading