Sukses

Lifestyle

Pindah Rumah Bikin Kucing Rentan Stres, Bantu Adaptasinya dengan 4 Cara Jitu

Fimela.com, Jakarta Pindah rumah mungkin jadi salah satu perubahan dalam hidup yang cukup besar. Bukan hanya buat manusia tapi juga hewan peliharaan, khususnya kucing yang nggak menyukai perubahan. Rentan stres, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar anabulmu tetap tenang dan nyaman selama proses pindah rumah.

Kenalkan ke Rumah Baru Secara Bertahap

Kucing dikenal sangat terikat pada lingkungannya, sehingga perubahan apa pun bakal mengganggunya. Jika ingin memperkenalkannya ke rumah baru, mulai dari 1-2 ruangan terlebih dahulu untuk membuatnya merasa aman. Letakkan litterbox, tempat tidur, tiang cakar, juga mangkuk makanan dan dir untuk memberinya kesempatan untuk terbiasa dengan suara dan aroma baru.

Biarkan Menjelajah

Beberapa kucing akan menjelajah selama pemiliknya ada dalam ruangan yang sama. Tapi sebaiknya, bongkar sebagian besar barang sebelum membiarkannya berkeliaran untuk memberikan suasana yang lebih familiar. Jika anabul memutuskan untuk bersembunyi di bawah tempat tidur atau lemari, biarkan saja. Nantinya, hewan peliharaanmu akan keluar setelah merasa aman dengan lingkungan barunya.

Kelilingi dengan Barangnya

Tempatkan kucing di salah satu ruangan di rumah dan letakkan barang-barang yang dikenalinya. Bisa juga menempatkan barang-barang yang berbau seperti pemiliknya dalam ruangan terseut, misalnya sweater tua atau baju yang mengingatkannya pada bau di rumah lama. Cara sederhana ini dianggap ampuh mengurangi stres. Pasalnya, anabul menggunakan hidungnya yang super sensitif untuk mencari tahu lingkungannya sudah aman atau belum.

Pastikan Rumah Aman bagi Kucing

Lari merupakan mekanisme alami kucing saat merasa tertekan atau stres. Pastikan untuk menutup pintu dan jendela atau lubang yang bisa jadi jalannya untuk kabur, bahkan berisiko tersesat di lingkungan yang asing baginya.

Minimal, biarkan hewan peliharaanmu berada di dalam rumah yang terjamin cat-friendly selama 2 minggu untuk membantunya beradaptasi. Baru ajak kucingmu keluar rumah dan biarkan sedikit menjelajah sekitar 10 menit, bawa kembali ke dalam ruangan. Tambah waktunya setiap hari hingga anabulmu merasa aman dan memahami area baru itu.

Bagi kucing menyesuaikan diri dengan rumah baru itu sulit dan membutuhkan bantuan pemiliknya untuk dapat beradaptasi. Tetap pertahankan jadwal sehari-hari, terutama jam makan dengan makanan yang sama.

 

Pilih cat food yang memiliki aroma lezat dan mampu menggugah selera makannya seperti Muezza. Tersedia dalam 4 varian yang bisa dipilih, brand makanan kucing kering ini juga mengandung nutrisi penting dan lengkap untuk membantu menjaga kesehatan hewan peliharaanmu.

Bukan hanya itu saja, sertifikasi halal yang didapat dari The Central Islamic Committee of Thailand pun membuatmu lebih leluasa dalam memegang cat food atau mencuci peralatan makan di tempat cuci piring yang sama, serta menemukan lokasi penyimpanan dry food yang tepat. Untuk mendapatkan Muezza pun tak perlu meninggalkan kucingmu sendirian di rumah, tinggal pesan saja secara online di Shopee maupun Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee 

Beli Muezza di Tokopedia 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading