Sukses

Health

8 Manfaat Teh Jati Cina untuk Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Teh adalah minuman herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah teh jati Cina, yang terbuat dari daun sannah, senna atau sena. Teh jati Cina sangat terkenal di dunia kesehatan maupun kecantikan.

Teh jati Cina ini sangat populer, karena memiliki kandungan senyawa pencahar yaitu glikosida antrakinon, yang bisa membantu menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan dan mengobati penyakit wasir. Bahkan teh jati Cina ini dipercaya sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga orang yang rajin meminumnya akan terhindar dari penyakit jantung.

Sayangnya, jenis teh ini tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui dan perempuan yang sedang menstruasi. Ada baiknya untuk konsultasi pada dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi teh jati Cina. Untuk mengetahui manfaat teh jati Cina yang lebih lengkap, simak artikel berikut ini:

Manfaat untuk Kesehatan

1. Untuk Diet

Teh jati Cina adalah teh yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sehingga banyak pejuang diet yang mengonsumsi jenis teh ini. Teh jati Cina ini rendah kalori dan bisa membantu menambah asupan cairan di dalam tubuh. Teh ini juga bisa membantu menyerap nutrisi di dalam tubuh, agar berat badan tetap terjaga.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat yang selanjutnya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Teh jati Cina berfungsi untuk membantu mengeliminasi racun dan sisa makanan di dalam usus besar. Sehingga kotoran di dalam tubuh mudah keluar, mengatasi sembelit, mual dan muntah.

3. Mengobati Wasir

Teh jati Cina juga terkenal bisa membantu mengobati wasir dan mempercepat penyembuhan luka di anus. Teh ini juga bisa membuat tekstur feses menjadi lebih lembut, sehingga mudah dikeluarkan saat buang air besar.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Manfaat yang selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan. Kandungan di dalam teh ini, bisa membantu mencegah peradangan di paru-paru, mengobati asma, mencegah infeksi virus di sistem pencernaan dan mencegah pembentukan lendir di paru-paru.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat teh jati Cina untuk kesehatan yaitu membantu menjaga kesehatan mulut. Teh jati Cina ini bisa mengatasi bau mulut dan mengatasi pembentukan plak di gigi. Caranya dengan berkumur dengan tah ini setiap kali habis makan.

6. Menurunkan Kolesterol

Kandungan gypenosides dalam teh jati Cina dapat menghambat absorbsi kolesterol dari makanan dan meningkatkan pemecahan lemak dalam tubuh. Sehingga teh ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

 

Manfaat untuk Kecantikan

7. Menghilangkan Jerawat

Teh jati Cina memiliki manfaat yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Karena teh jati Cina ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antibakteri, sehingga bisa membunuh bakteri dan kuman yang tersumbat di dalam pori-pori, yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah.

8. Menyembuhkan Luka

Manfaat teh jati Cina yang terakhir, bisa membantu menyembuhkan luka di kulit. Karena sifatnya yang antiinflamasi ini, bisa membantu menenangkan kulit yang meradang dan mempercepat luka menutup. Teh ini juga bisa menyembuhkan penyakit kurap di kulit.

Cara Mengonsumsi Teh Jati Cina

Walaupun teh jati Cina adalah teh herbal, tetapi teh ini tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Karena terlalu berlebihan mengonsumsi teh ini dapat menyebabkan penyakit lain yang menyerang tubuh.

Cara mengonsumsi teh jati Cina ini yaitu dengan mengambil 1sendok teh. Lalu campurkan teh dengan segelas air hangat. Aduk teh hingga berwarna kecokelatan, lalu saring daunnya dan konsumsi teh selagi hangat. Teh jati Cina ini hanya boleh dikonsumsi sehari dua kali saja dan tidak boleh lebih dari 2 minggu.

Teh jati Cina ini tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui dan perempuan yang menstruasi. Kalau kamu memiliki riwayat penyakit jantung dan liver, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Kemudian hindari mengonsumsi teh jati Cina ini, saat sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen herbal yang lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading