Sukses

Lifestyle

7 Rekomendasi Buku Bagus untuk Mengisi Bulan Ramadan yang Lebih Bermakna

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Berpuasa sebulan penuh jadi kesempatan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Memperbanyak ibadah juga akan membuat kita mendapatkan lebih banyak hikmah pada bulan yang suci ini.

Kali ini Fimela akan memberikan tujuh rekomendasi buku bagus yang cocok untuk dibaca dalam mengisi bulan Ramadan. Buku-buku ini pun sangat cocok dibaca saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Ada kedamaian dan ketenangan sendiri saat kita bisa membaca buku-buku yang menghangatkan jiwa. Kita pun jadi punya kesempatan untuk menjadikan bulan Ramadan kali ini jadih lebih bermakna.

 

1. Menjadi Manusia Menjadi Hamba

Menjalani kehidupan tak selalu mudah. Ada ragam permasalahan yang datang silih berganti. Bahkan kadang kita sampai kehilangan jati diri dan makna hidup kita. Melalui buku Menjadi Manusia Menjadi Hamba, kita akan diajak untuk menyelami kembali hakikat diri kita. Pembahasan terkait manusia, pernikahan, permainan, doa, fitrah, misteri waktu, dan penghambaan dipaparkan dengan menelusuri berbagai kajian dan filosofi yang dalam. Membaca setiap babnya akan membuat kita kembali tercerahkan. Kita hanya seorang manusia, tapi lebih dari itu kita pun seorang hamba, dan menjadi seorang hamba ternyata adalah sebuah anugerah yang luar biasa.

2. Kosakatan Keagamaan

Sudahkah kita menggunakan istilah yang tepat dalam komunikasi dan keseharian kita? Khususnya istilah-istilah dalam bahasa Arab, apakah kita sudah yakin telah menggunakannya dengan benar? Kosakata Keagamaan memuat banyak informasi penting tentang bagaimana istilah tertentu perlu digunakan dalam konteks yang benar. Banyak kosakata yang ternyata sering kita gunakan tapi ternyata kurang tepat dalam penggunaannya. Seperti dalam kosakata "hijrah" yang belum dipahami betul substansinya oleh banyak kalangan meski kata ini sangat populer digunakan. Buku ini sangat membuka mata kita soal penggunaan kosakata yang tepat pada situasi dan penggunaan yang sesuai.

3. Amalan Ringan Paling Menakjubkan

Amalan Ringan Paling Menakjubkan: 20 Kiat Menuju Kebahagiaan Hidup memuat banyak poin penting soal amalan-amalan ringan yang ternyata mengandung pahala yang sangat besar. Bahkan ada amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk membantu kita menyelesikan berbagai persoalan dan masalah kehidupan. Dipaparkan dengan bahasa yang ringan, buku ini sangat mudah dipahami. Kita pun bisa langsung mempraktikan amalan-amalan yang dijelaskan dalam buku ini.

4. Buat Apa Shalat?

Salat adalah tiang agama. Hanya saja kadang kita melaksanakan salat hanya sebatas ritual atau menggugurkan kewajiban. Padahla makna salat jauh lebih penting dari itu. Melalui buku Buat Apa Shalat? kita akan diajak untuk lebih memahami dan menghayati makna salat. Memaknai hakikat salat bisa membantu kita untuk meningkatkan akhlak, membersihkan hati, dan mendatangkan pencerahaan. Hidup pun bisa jadi lebih bahagia. Ada juga tips untuk bisa menunaikan salat agar lebih khusyuk di buku ini.

5. Rahman Rahim Cinta

Puisi-puisi dalam buku Rahman Rahim Cinta ini bagai air yang senantiasa membasuh dahaga kita soal pencarian ragam makna cinta. Bait-bait dalam setiap puisi di buku ini begitu indah. Banyak sekali bait puisi yang membuat kita merenung dan melakukan refleksi diri. Ada keagungan, keindahan, hingga kerendahan hati yang termuat dalam setiap cara memaknai cinta.

 

6. Muslimah yang Diperdebatkan

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap perempuan. Muslimah yang Diperdebatkan memuat kumpulan tulisan yang membahas hak-hak muslimah, keseteraan gender, opini tentang fenomena-fenomena yang dialami oleh muslimah, dan pemikiran kritis tentang topik-topik yang masih dianggap sensitif tapi sebenarnya sangat penting untuk dibahas dengan lebih terbuka terkait kehidupan seorang perempuan. Topik-topik yang dibahas dalam buku ini mungkin tidak ringan, tapi disampaikan dengan bahasa sehari-hari yang sangat nyaman untuk diikuti. Dari buku ini, kita akan lebih tergerak untuk lebih berani menyuarakan pendapat dan memperjuangkan hal-hal yang sebenarnya adalah hak kita sebagai perempuan.

7. Tuhan Ada di Hatimu

Tuhan Ada di Hatimu, buku ini kembali menghadirkan pengingat penting bahwa kita pada dasarnya adalah manusia yang punya banyak kekurangan. Namun, selalu ada kesempatan untuk senantiasa berproses dan berjuang jadi pribadi yang lebih baik. Ada cinta dan perdamaian yang diajarkan dalam Islam. Ada kelembutan dan kehangatan yang terkandung dalam ajaran-ajaran Islam. Beragama tak serta merta membuat kita menjadi makhluk paling jumawa dalam melakoni peran kehidupan. Ada banyak kutipan yang penting dalam buku ini yang bisa kita jadikan refleksi diri menjadi seorang hamba yang lebih baik.

Nah, itu tadi tujuh buku rekomendasi Fimela yang sangat cocok dibaca untuk mengisi bulan Ramadan. Ada yang sudah baca buku-buku di atas? Atau mungkin ada yang punya rekomendasi buku lain? Semoga info ini bisa jadi referensi yang bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading