Sukses

Lifestyle

4 Cara Menjadi Pribadi Lebih Baik selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Mengapa Bulan Ramadan berbeda dari bulan-bulan lainnya selama setahun? Salah satu alasan utamanya adalah karena bulan ini memberikan banyak keistimewaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Untuk memaknai bulan Ramadan menjadi lebih baik, maka harus dimulai dari diri sendiri. Apa yang bisa dilakukan agar menjadi pribadi yang lebih baik selama Bulan Ramadan? Ini sekian hal yang bisa dilakukan.

1. Tetapkan tujuan

Seperti memulai awal tahun baru, selama menjalani Bulan Ramadan, kamu juga butuh resolusi untuk dijalankan. Tetapkan tujuan yang jelas agar Ramadan menjadi lebih spesial. Entah menyelesaikan membaca 30 jus Al Qur'an, lebih banyak berdonasi atau lebih rajin mengaji dan berdzikir, buat perbedaan yang membuat dirimu menjadi lebih baik. Tuliskan goals itu dan laksanakan.

2. Mengubah kebiasaan buruk

Salah satu cara membuat perubahan berarti selama Ramadan adalah mengubah kebiasaan buruk. Jika kamu sering bermalas-malasan selama puasa, bangkit dan dorong diri sendiri untuk lebih banyak melakukan kegiatan berguna, entah membantu orangtua atau yang lainnya. Jika dulu tak pernah tarawih, sekarang bulatkan tekad tarawih penuh selama Bulan Ramadan. Ubah paling tidak satu kebiasaan buruk selama Ramadan.

3. Mendengarkan ceramah agama yang membangun

Gunakan bulan suci ini sebagai detoks hati dan pikiran dari kesan duniawi yang terlalu mengikat. Mendengarkan ceramah agama, mendengarkan ustadz menjelaskan makna surah dalam Al Qur'an dan lain sebagainya akan membuatmu lebih memahami agamamu sendiri. Sirami batin dengan pembicaraan yang menginspirasi dan membangun.

4. Jangan merasa bersalah ketika tak bisa menjalankan puasa

Untuk para perempuan yang kemungkinan besar mengalami haid setiap bulan sehingga tak bisa menjalankan puasa penuh satu bulan, jangan merasa buruk hanya karena tak bisa menjalankan puasa. Begitu pula jika dirimu dalam kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk berpuasa, ada banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala dan keberkahan Ramadan.

Menjadi pribadi yang lebih baik sebenarnya menjadi hal yang sudah semestinya selama Bulan Ramadan. Poin mana pun yang ingin Sahabat Fimela lakukan, pastikan melakukannya dengan setulus hati ya.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading