Sukses

Lifestyle

5 Tips agar Cepat dan Tidak Repot Menyiapkan Makan Sahur

Fimela.com, Jakarta Sebelum menjalankan puasa selama seharian, tentu waktu terbaik untuk mengisi energi tubuh dari makanan adalah ketika sahur. Sayangnya, karena alasan menghemat waktu dan tenaga atau bahkan karena malas bangun, banyak orang lebih memilih melewatkan makan sahur, atau terbiasa menghangatkan kembali makanan sisa agar lebih praktis.

Namun jika tak ingin terbiasa melewatkan makan sahur atau menghangatkan kembali makanan sisa, ini sekian tips yang bisa diterapkan agar tidak repot menyiapkan sahur.

1. Buat jadwal daftar makanan yang praktis dibuat

Coba buatlah jadwal daftar menu makan selama seminggu khusus untuk sahur, misalnya tumis sayur, telur orak-arik, bubur oatmeal, mie rebus sayuran dan lain sebagainya. Usahakan mencari menu makanan yang tidak butuh banyak bahan dan tidak lama dimasaknya.

2. Menyetok bahan makanan sederhana

Agar lebih praktis, selalu pastikan telah menyimpan banyak bahan makanan seperti beras, roti tawar, buah-buahan, sayuran dan bahkan makanan frozen dan kaleng yang cepat saji. Tapi untuk menyiasati agar tidak 'makan sampah' olah makanan cepat saji dengan sayuran.

3. Pilih menu yang sehat dan mudah dimasak

Jika kamu tipe malas masak, pastikan memilih menu sehat yang mudah dimasak seperti tahu tempe goreng, tumis sayur, udang rebus, oatmeal dan telur mata sapi, makan beberapa buah pisang dan minum susu, dan lain sebagainya.

4. Minum minuman bergizi

Sediakan juga minuman sehat di kulkas seperti susu, jus buah, teh hangat atau wedang jahe. Pastikan memilih minuman yang juga bergizi jika malas makan dan masak makanan bergizi.

5. Masak lauk siap saji

Sebelum sahur kamu juga bisa memasak lebih dulu lauk siap saji yang sehat misalnya tempe bacem, ayam ungkep, sup daging dan lain sebagainya yang tidak masalah meski dimasak lagi.

Itu dia sekian tips menyiapkan makan sahur yang praktis dan tidak merepotkan selama Ramadan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading