Sukses

Lifestyle

Nadiem Makarim Dilantik Sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Fimela.com, Jakarta Kabar baru datang dari kabinet Joko Widodo. Kali ini, Nadiem Makarim dilantik sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pelantikan digelar di Istana Negara pada, Rabu (28/4/2021). Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 72 Tahun 2021 tentang pembentukan dan Pengupahan Kementrian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. 

Nadiem Makarim pun mengucap sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo; “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” bunyi sumpah jabatan Nadiem di hadapan Presiden Jokowi.”

Nadiem Makarim yang semula menjabat sebagai Mendikbud sejak awal pembentukan Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan jabatan Menristek semula dijabat oleh Bambang Brodjonegoro. Tapi kini, posisi Nadiem merupakan bagian dari peleburan antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

 

Melantik sejumlah nama

Selain Nadiem, Bahlol Lahadalia juga dilantik sebagai Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia diangkat menjadi pejabat setingkay menteri setelah BKPM menjadi lembaga yang setara dengan kementrian. 

Selain itu, dalam kesempatan ini Jokowi juga melantik Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang kini menjadi lembaga setingkat kementerian. Presiden melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN. Laksana selama ini dikenal sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading