Sukses

Lifestyle

9 Tips Belanja Cermat Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Bersiap untuk belanja Idul Fitri cukup menguras tenaga dan sekaligus menyenangkan. Dengan berpuasa di Bulan Suci Ramadan, pekerjaan dan keluarga, dirimu mungkin akan terdesak waktu saat akan berbelanja kebutuhan di hari raya Idul Fitri. Tetapi dengan menjadi sedikit lebih teratur, dirimu dapat menemukan apa yang dirimu perlukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu lebih hemat uang belanja saat menjelang lebaran.

1. Buatlah Daftar

Membuat daftar apa yang dibutuhkan baik itu untuk hadiah atau bahan makanan akan membantumu tetap pada jalurnya. Ini adalah cara agar dirimu tidak lupa dan berbelanja kebutuhan Idul Fitri lebih cepat. Saat membeli hadiah, tuliskan item tersebut dengan nama orangnya sehingga dirimu tidak akan bingung atau melewatkan apa pun. Dapatkan online saat dirimu punya waktu dan cari mode Idul Fitri yang berbeda terutama saat membeli pakaian untuk remaja dan kaum muda.

2. Pengaturan Waktu

Saat berpuasa, tingkat energi akan rendah, jadi cobalah berbelanja saat dirimu merasa sedikit lebih berenergi. Mencoba menghindari keramaian akan sulit dilakukan saat berbelanja larut malam atau setelah berbuka puasa, jadi lebih baik hindari jam sibuk tergantung di mana dirimu tinggal.

3. Miliki Rencana Belanja

Saat terburu-buru, dirimu mungkin akan membuang-buang waktu mengemudi dari satu tempat ke tempat lain dan melewati keramaian. Ini akhirnya akan membuatmu mudah marah dan kelelahan. Coba pilih kompleks pertokoan atau bazar lebaran yang letaknya berdekatan.

4. Berbelanja dengan Teman atau Keluarga

Ketika berbelanja dengan orang lain, dirimu dapat membagi tugas satu sama lain dan menyelesaikan sesuatu dengan cepat terutama jika masing-masing memiliki daftar. Dirimu dapat meminta seorang teman untuk ikut membantu, dan juga dapat membantu mereka menyelesaikan belanjaannya sendiri.

5. Sesuaikan dengan Anggaran

Saat melakukan belanja di menit-menit terakhir, pertahankan anggaran yang kasar untuk menghindari pengeluaran berlebihan yang tidak perlu. Manfaatkan diskon menarik dan penawaran khusus Idul Fitri yang tersedia selama bulan ini. Dirimu akan menemukan lebih banyak penawaran ini menjelang akhir bulan.

6. Tawar-menawar

Jangan takut untuk menawar terutama saat Idul Fitri atau bahkan toko retail, karena sebagian besar tempat akan menawarkan penawaran sepanjang bulan. Namun, dirimu tidak perlu mengunjungi banyak toko jika tidak mendapatkan penawaran yang bagus.

7. Hindari Pembelian Impulsif

Sangat mudah untuk menjadi lelah dan membeli barang-barang yang paling mudah diakses di mana dirimu akan menghabiskan banyak uang. Inilah sebabnya mengapa dirimu harus pergi berbelanja ketika merasa lebih berenergi dengan rencana kasar yang ada.

8. Beli Sesuatu Secara Online

Saat mencari busana online atau hal lain yang dirim butuhkan, ingatlah untuk memeriksa berapa lama waktu pengirimannya. Pastikan barang yang dirimu terima tepat waktu. Dengan cara ini dirimu dapat menghindari stres karena kerumunan besar dan berbelanja sesuai keinginanmu, bahkan jika dirimu tidak punya waktu.

9. Mempersiapkan Sahur dan Buka Puasa

Ramadan adalah bulan yang sibuk dan merencanakan makan untuk sahur dan berbuka puasa dapat menyita waktu terutama ketika dirimu perlu berbelanja Idul Fitri. Bekukan beberapa makanan dan kudapan atau persiapkan setengah dari makanan di awal hari agar dirimu memiliki lebih banyak waktu.

Nah, berikut tadi beberapa tips agar dirimu tetap hemat saat berbelanja saat menjelang lebaran. Tetap hemat ya, Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading