Sukses

Lifestyle

Punya Kucing Anti-Sosial? Ini Cara Bantu Anabulmu Jadi Lebih Bersahabat

Fimela.com, Jakarta Banyak yang beranggapan lebih mudah memelihara kucing sejak kecil karena bisa dilatih agar lebih penyayang pada pemiliknya. Padahal, mengadopsi anabul yang sudah cukup besar punya lebih banyak keuntungan karena sudah memiliki rutinitas yang tetap, mulai dari bermain hingga litter training. Butuh usaha lebih untuk mendapatkan cinta dari anabulmu, ada beberapa cara untuk mengurangi aksi agresifnya.

Butuh Kesabaran

Sebenarnya, normal bagi kucing untuk mewaspadai hal-hal baru, termasuk saat pindah ke rumah baru. Tapi anak kucing yang berusia hingga sekitar 7 minggu lebih mudah beradaptasi, sedangkan di atas usia tersebut lebih butuh banyak waktu.

Ditambah ras tertentu terlahir kurang sosial dibandingkan yang lain. Mulailah berinteraksi secara perlahan, terutama jika ada anabul lain di rumah, perkenalkan secara bertahap dan berikan pilihan untuk mendekat atau menjauh dengan sendirinya.

Biarkan Kucing Mendekatimu

Jika kucingmu berlari saat siapa pun di dekatnya bergerak, bisa jadi ini tanda kecemasan. Solusinya, cari tempat yang tenang dan panggil untuk mendatangimu. Tahap ini memang butuh lebih banyak waktu dan kesabaran, hingga anabulmu mau mulai mendekatimu.

Tapi pertimbangkan juga tingkat stres yang dialami oleh kucing karena dapat memengaruhi nafsu makan, mood, dan pola istirahat hariannya. awalnya, kucing mungkin akan bersifat agresif sehingga sulit baginya untuk menunjukkan kasih sayang pada pemiliknya.

Kesalahan Umum

Saat mencoba menyosialisasikan kucing baru ke lingkungan yang ada, beberapa pemilik sebenarnya bermaksud baik tapi justru bertindak terlalu jauh. Mulai dari terlalu banyak memberikan pujian, memanjakan, hingga memperlakukannya seperti anak kucing.

Temukan porsi yang seimbang, apalagi jika memiliki anabul lain di rumah yang mungkin akan menjadi cemburu. Pastikan untuk meluangkan waktu dengan masing-masing hewan peliharaanmu saat ini, baik dengan menawarkan treat atau menyikat bulunya sambil memberikan pujian.

Tawarkan Camilan

Gunakan camilan atau makanan yang disukainya dan undang kucingmu untuk berada di dekatmu. Mulailah dengan melemparkan treat agak jauh sehingga anabul tahu bahwa itu berasal darimu tetapi tidak harus terlalu dekat. Seiring waktu, sesuatu yang sederhana ini dapat membujuknya untuk lebih dekat dan mulai bersedia untuk berinteraksi.

Jangan sembarangan memilih camilan sebagai hadiah, apalagi jika berasal dari piring pemiliknya. setia pada dry food yang berkualitas seperti Muezza yang dibuat dari bahan-bahan alami. Diolah dengan teknologi modern dan bebas bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering dapat membantu menjaga anabulmu tetap sehat dan aktif.

Keuntungan lainnya, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bukan hanya bebas khawatir saat membelainya, tapi juga membuatmu lebih leluasa mencari lokasi penyimpanan, memegang cat food, hingga mencuci peralatan makannya di tempat cuci piring. Tersedia dalam 4 varian rasa seperti Tuna Flavor, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor, dapatkan Muezza pilihanmu secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading