Sukses

Lifestyle

11 Tips Agar Tak Menaruh Harapan Berlebihan Kepada Seseorang

Fimela.com, Jakarta Apakah dirimu terlalu mudah jatuh cinta? Apakah ini menyebabkan sakit hati dan patah hati? Kamu tidak sendiri. Wajar untuk ingin mencintai dan dicintai, tetapi ini dapat menyebabkan beberapa keputusan yang buruk dibuat. Jika dirimu merasa mencapai tahap cinta yang terlalu cepat, dan ingin untuk memperlambatnya, berikut ini adalah tips yang dapat membantumu.

1. Kendalikan Keinginan untuk Menemukan Cinta

Mungkin alasan terbesar seseorang begitu mudah jatuh cinta adalah karena mereka sangat ingin menemukannya. Mereka hanya ingin jatuh cinta, mereka ingin merasakan perasaan hangat itu.

Tentu saja, tidak semua orang yang dirimu temui atau kencani cocok untukmu. Hanya karena dirimu sangat ingin menemukan cinta, tidak berarti dirimu harus puas dengan sembarang orang. Dirimu harus menyadari kapan keinginanmu untuk dicintai dan dalam suatu hubungan adalah kekuatan pendorong utama perasaanmu terhadap seseorang.

2. Jangan Khawatir Kehilangan Dia

Jika dirimu menyukai seseorang dan berpikir mereka mungkin adalah pacar, dirimu mungkin mendorong sisi emosional hubungan ke depan dengan cepat. Dengan kata lain, dirimu membiarkan dirimu jatuh cinta pada dia dengan harapan mereka jatuh cinta padamu.

Rasa tidak aman memenuhi pikiranmu dengan pikiran bahwa dia mungkin menemukan orang lain, bahwa dia sudah berkencan dengan orang lain, atau bahwa dia akan bosan denganmu jika dirimu tidak mengikat mereka.

3. Alihkan Pikiranmu dari Pemikirannya

Dirimu mungkin mengira dirimu mudah jatuh cinta, tetapi mungkin bingung tentang cinta karena tergila-gila. Ini terutama benar jika dirimu tidak bisa berhenti memikirkan orang ini. Sekarang, tentu saja, kegilaan bisa berubah menjadi cinta, tapi mungkin juga tidak. Bagaimanapun, satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan menarik pikiran dari pikiran-pikiran tentang mereka. Temukan kesibukan yang dapat membawamu kembali ke momen saat ini sehingga pikiranmu tidak tertahan pada objek kasih sayang. Ini akan memberimu lebih banyak waktu untuk melihat bagaimana segala sesuatunya berkembang dan untuk memikirkan situasi dengan pikiran yang jernih.

4. Lebih Dekat dengan Keluarga dan Teman

Saat pasangan baru memasuki hidupmu, mudah untuk memprioritaskannya di atas segalanya. Tetapi melakukan hal itu hanya mempercepat keterikatan hidup dan memperkuat perasaan yang dirimu miliki terhadapnya.

Untuk berhenti jatuh cinta dengan kecepatan yang sangat tinggi, sangat penting bagimu untuk mempertahankan sebanyak mungkin kehidupan yang dirimu miliki sebelum mereka datang semampumu. Ini berarti mencurahkan banyak waktu dan usaha ke dalam hubungan yang dirimu miliki dengan keluarga dan teman-teman.

5. Pertahankan Hobi Terpisah

Saat dirimu berkencan dengan seseorang, rasanya tepat untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan mereka. Tapi kalian berdua mungkin punya hobi yang berbeda. Jika dirimu ingin menjaga hobi ini terus berjalan dan ini harus menjadi sesuatu yang dirimu coba lakukan yang terbaik adalah memisahkannya. Berikan waktu dan ruang yang dibutuhkan satu sama lain untuk mengejar hal-hal yang menurutmu menyenangkan. Tentu, jika itu adalah hobi yang kalian berdua miliki, dirimu bisa melakukannya bersama. Tetapi dirimu tidak selalu harus melakukannya bersama. Mereka mungkin punya teman, dan juga denganmu.

6. Ingatkan Dirimu Sendiri Bahwa Dirimu Mandiri

Jika dirimu mudah jatuh cinta karena senang menjadi bagian dari pasangan, inilah waktunya untuk merengkuh kemandirianmu. Atau, lebih tepatnya, inilah waktunya untuk menyadari bahwa dirimu adalah manusia yang cakap yang bisa bergaul dengan baik dalam hidup sendirian.

Dirimu tidak perlu terburu-buru menjalin hubungan dengan keyakinan bahwa dirimu tidak akan bahagia selamanya. Dirimu hampir pasti benar-benar mengalami kegembiraan dan kebahagiaan saat dirimu lajang dan saat dirimu melakukan hal-hal yang dirimu sukai dengan orang yang disayangi.

7. Biarkan Dia Tetap Mandiri

Jika dirimu cenderung bergerak cepat dalam hubungan baru, dirimu menyangkal kemandirian orang lain. Tentu, senang melihat mereka di malam hari dan di akhir pekan, tetapi mereka memiliki kehidupan sendiri sebelum dirimu datang, jadi biarkan mereka terus menjalani kehidupan itu sekarang. Dirimu tidak perlu terlalu sering melihatnya untuk menjaga kedekatan dengan mereka. Dirimu bisa memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang dihabiskan bersama sehingga waktu berpisah tidak terasa seperti perpisahan. Menghabiskan lebih sedikit waktu bersama juga akan membantu meredakan perasaan ketertarikan dan nafsu yang mungkin dirimu miliki yang dapat dengan mudah disalahartikan sebagai cinta.

8. Pertimbangkan Apakah Dia Pasangan yang Cocok

Salah satu kekurangan seseorang adalah pertanyaan tentang seberapa cocok dirimu sebenarnya dengan seseorang. Dirimu mungkin menikmati kebersamaan mereka dan bahkan menyukai kepribadian mereka, tetapi ini tidak cukup untuk kompatibilitas yang sebenarnya.

Untuk menghentikan diri dirimu agar tidak jatuh cinta terlalu cepat dan dengan orang yang salah, luangkan waktu untuk merenung dan tanyakan pada diri sendiri apakah dirimu benar-benar dapat membuat segala sesuatunya berhasil dalam jangka panjang.

9. Jaga Kontak Digital Tetap Terkendali

Seperti banyak hal dalam hidup, ketika berkirim pesan atau mengirim pesan kepada seseorang yang dirimu sukai lebih sering. Meskipun menyenangkan untuk tetap berhubungan dengan orang itu, dirimu tidak perlu bolak-balik berkirim pesan sepanjang hari setiap hari saat terpisah.

Simpan percakapan terbaikmu saat kalian bersama dan cobalah untuk menjaga komunikasi digital pada tingkat yang wajar. Hal ini tentunya membantu poin 3 tentang mengalihkan pikiran, karena lebih mudah untuk berhenti memikirkannya saat dirimu tidak berkirim pesan setiap 5 menit. Dirimu tidak perlu langsung membalas, meskipun dirimu membaca pesan mereka. Tidak apa-apa untuk menanggapi pada waktu yang lebih nyaman bagimu. Mereka akan menunggu.

10. Belajar untuk Mengenali Emosi

Dirimu mungkin berpikir bahwa dirimu terlalu mudah jatuh cinta, tetapi apakah dirimu yakin yang dirimu rasakan adalah cinta? Seperti yang telah diisyaratkan, dirimu bisa saja merasakan nafsu atau kegilaan yang sangat berbeda dengan cinta. Atau mungkin rasa tidak aman membuatmu berpikir bahwa dirimu sedang jatuh cinta dengan seseorang padahal itu malah kecemasan.

Atau apakah dirimu merasa tertekan untuk menemukan cinta karena dirimu mendekati usia tertentu, teman-temanmu sudah berpasangan, dan keluargamu terus-menerus bertanya kapan dirimu akan bertemu dengan pasanganmu. Tanyakan pada diri sendiri seperti apa rasanya jatuh cinta. Kenali perasaan itu dan pahami tanda-tanda bahwa dirimu benar-benar mencintai seseorang.

11. Buat Jarak

Jika dirimu ingin berhenti sepenuhnya mencintai seseorang, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat jarak yang jauh di antara kalian berdua. Sungguh menakjubkan betapa sedikit pemisahan fisik dan digital dapat berdampak pada hati dan pikiran. Ketika dirimu tidak melihat atau mendengar dari seseorang, dirimu akhirnya berhenti memikirkannya.

Dan ketika dirimu berhenti memikirkan seseorang, cara dirimu menyikapinya berubah. Tunas-tunas cinta yang hijau tidak akan lagi bertunas. Sebaliknya, mereka akan layu dan mati, atau berkembang menjadi sesuatu yang lain mungkin persahabatan.

Ya, mengenali emosi itu perlu, apakah dirimu benar-benar jatuh cinta ataukah hanya karena merasa cemas. Ketika dirimu takut kehilangan atau dirimu mudah untuk mengatur seseorang yang kamu suka, itu mungkin bukan cinta. Karena cinta akan membuatmu menerimanya dengan apa adanya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading