Sukses

Lifestyle

5 Tips agar Tidak Makan Kebanyakan saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Karena lebaran selalu menjadi momen makan besar bersama keluarga, tentunya ada banyak menu yang ingin kamu santap dalam sekejap, mulai dari kue kering hingga makanan berat seperti opor ayam, rendang dan ketupat sayur.

Agar tidak makan berlebihan, ini sekian hal yang bisa kamu lakukan.

1. Makan sedikit-sedikit

Tidak perlu menolak makanan yang memang ingin kamu makan, tapi triknya, makan dalam porsi sedikit saja agar tak menumpuk kalori berlebihan. Dengan makan sedikit-sedikit, justru kamu bisa makan beberapa jenis makanan sekaligus.

2. Alihkan dengan ngobrol

Jika kebetulan bisa berkumpul kerabat dekat dan mencoba menghindar makan terlalu banyak, alihkan dengan bertanya kabar atau membahas topik yang menarik. Lebih banyaklah ngobrol daripada makan.

3. Lebih banyak minum air putih

Ambil segelas air putih dan minumlah setiap kali tergoda makan banyak. Air putih akan membantu perutmu kenyang sekaligus mengurangi keinginan makan. Selain tak memiliki kalori, air putih juga membantu melancarkan pencernaan.

4. Makan makanan yang berserat

Pilihlah makanan yang berserat sehingga kamu mudah kenyang dan tidak tergoda makan dalam porsi banyak. Kurangi makanan tinggi karbohidrat sederhana seperti nasi, ketupat atau lontong. Kurangi juga makanan bertepung seperti kue-kue.

5. Makan pelan-pelan

Karena tidak ingin kalap saat makan, terapkan makan perlahan-lahan. Kunyah makananmu dengan seksama sehingga kamu bisa lebih lama menikmati makanan yang sedang disantap. Makan perlahan terbukti bisa mengurangi asupan kalori karena mencegahmu makan berlebihan.

Meski tentu saja godaan makan banyak saat lebaran sangat kuat namun pastikan menjaga asupan makanan sehingga tidak kelebihan berat badan setelah lebaran selesai ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading