Perempuan yang Tak Menuntut Orang Lain untuk Membuatnya Bahagia, Hidupnya Nyaman

Endah Wijayanti18 Mei 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 10:45 WIB
lebih percaya diri

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin kita berpikir bahwa untuk bisa bahagia, kita perlu keberadaan atau bantuan orang lain. Namun, nyatanya tidak setiap saat kita bisa menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain. Tidak setiap waktu ada orang yang bisa membuat kita bahagia.

Pada akhirnya, kebahagiaan adalah tanggung jawab kita sendiri. Seiring bertambahnya usia, kita semakin sadar pentingnya menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Untuk bisa mendapatkan hidup yang lebih nyaman, kita perlu membiasakan diri untuk tidak bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia.

Hidup Tidak Gampang Gelisah saat Bisa Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

“Take responsibility of your own happiness, never put it in other people’s hands.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Selalu menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain bisa membuat kita sulit merasa percaya diri. Bahkan ketika bantuan atau pertolongan yang kita dapat dari orang lain tak sesuai dengan harapan, kita malah akan merasa makin rendah diri. Semakin rendah diri, semakin sulit untuk menikmati hidup. Sedangkan bila kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri, kita tak akan terlalu gelisah dalam menjalani keseharian kita. Sebab kita bisa memegang kendali penuh atas hal-hal yang masih bisa kita usahakan.

Rasa Percaya Diri Meningkat saat Bisa Ciptakan Kebahagiaan Sendiri

perempuan percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

“The secret of happiness is to see all the marvels of the world, and never to forget the drops of oil on the spoon.”― Paulo Coelho, The Alchemist

Seringkali kebahagiaan bisa kita ciptakan dan temukan melalui hal-hal sederhana. Lewat secangkir kopi hangat yang kita nikmati pada pagi hari atau sekadar bisa bangun pagi menyambut matahari pagi, itu semua sudah bisa membuat kita bahagia. Saat kebahagiaan sudah mengalir dalam diri, maka rasa percaya diri bisa meningkat dengan sendirinya. Menjadi perempuan yang lebih percaya diri, kita bisa lebih kuat hadapi setiap persoalan kehidupan.

Tidak Lagi Mudah Mengeluh saat Bisa Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

“If you want to be happy, do not dwell in the past, do not worry about the future, focus on living fully in the present.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Mengeluh mungkin masih akan jadi bagian dari kehidupan kita, tapi setidaknya saat kita sudah bisa dan terbiasa menciptakan kebahagiaan sendiri, kita tak lagi terlalu banyak komplain atau "mengutuk" keadaan. Hidup jadi terasa lebih nyaman dan tenteram untuk dijalani. Sebab kebahagiaan selalu ada di sekitar kita dan senantiasa bisa kita temukan kapan saja.

Jadi, kebahagiaan apa yang akan atau sudah kita ciptakan hari ini? Semoga hari-harimu senantiasa menghadirkan makna baru, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021